Berita / Utama

Epilogue Oktober 2017: Rancangan Stasiun Kereta Api hingga Museum Astronomi

Abdiel Jeremi W - Kamis, 19 Oktober 2017, 13:36:26 - Diperbaharui : Senin, 30 - Oktober - 2017, 17:48:28

BANDUNG, itb.ac.id - Wisuda Pertama ITB Tahun Akademik 2017/2018 adalah momen yang dinanti-nanti oleh para wisudawan. Di sisi lain, terdapat karya-karya berkualitas yang telah menghantar para wisudawan ke pintu gerbang kelulusan. Epilogue Oktober 2017 adalah sebuah pameran karya-karya tugas akhir wisudawan program sarjana Teknik Arsitektur ITB. Acara yang dikelola oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma (IMA-G) ITB ini menampilkan puluhan rancangan bangunan yang diarsiteki oleh mahasiswa Teknik Arsitektur ITB. Pameran yang diselenggarakan di Galeri Arsitektur (Labtek IX B) ini berlangsung pada Senin-Jumat (16-20/10/17).


Karya-karya yang dipamerkan berupa rencana situs sebuah bangunan dan maket purwarupa dari bangunan tersebut. Nuansa hangat terasa begitu pengunjung memasuki Labtek IX B yang berisi maket-maket kayu tersebut. Puluhan karya yang disajikan terbagi menjadi beberapa kategori, yakni museum, taman teknologi, sekolah, perumahan, gedung kesenian, gedung olahraga, rumah susun/apartemen, tempat ibadah, prasarana transportasi, bangunan di bantaran sungai (waterfront), dan lain-lain. Oleh karena itu, tidak mengherankan pameran ini terasa seperti sebuah kota kecil yang terdiri atas maket-maket. Berbagai jenis maket bangunan yang dipamerkan merupakan karya tugas akhir setiap wisudawan. 



Perpaduan Rancang Bangun dengan Estetika

Selama empat hari pertama, Epilogue telah dikunjungi oleh lebih dari seribu pengunjung. Farhan Qalbain (Teknik Arsitektur 2016) memberikan pendapatnya mengenai Epilogue edisi ini, "Dari semua karya yang dipamerkan, menurut saya rancangan waterfront oleh Cathrine (Teknik Arsitektur 2013) adalah yang terbaik. Sentuhan lekukan-lekukan memberikan kesan dinamis dan streamline (garis aliran)." Selain bangunan tersebut, terdapat pula rancangan Aula Konser Musik Pop Gedebage (Bandung), rancangan Perpustakaan Kota Bandung di Jl. Naripan (Bandung), Museum Astronomi di Gedebage (Bandung), Stasiun Kereta Api Bandara di Jl. Sudirman (Jakarta), dan lain sebagainya.