ITB Apresiasi Para Mitra Beasiswa dalam Scholarship & Sponsorship Gathering

Abdiel Jeremi W | Kamis, 1 Juni 2017, 10:48:20 | Lihat foto berita ini | Diperbaharui : Kamis, 1 - Juni - 2017, 10:59:39

BANDUNG, itb.ac.id – Bagi mahasiswa ITB, beasiswa adalah hal yang penting dalam mendukung perkuliahan. Pada tahun 2016, sekitar 76 persen dari mahasiswa S1 ITB adalah penerima beasiswa. Banyaknya penerima beasiswa tidak lepas dari dukungan mitra-mitra ITB. Untuk itu, Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB mengadakan ITB Scholarship & Sponsorship Gathering – “WE CARE WE SHARE”. Acara ini mengumpulkan mitra-mitra ITB dan mahasiswa penerima beasiswa. Gathering yang diadakan pada Rabu (24/05/17) di hotel Holiday Inn ini didatangi oleh perwakilan dari 34 perusahaan swasta serta perwakilan pemerintah Kabupaten Bandung Barat.


Pertemuan dimulai dengan sambutan oleh Sekretaris Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa LK ITB, Dr. Umar Khayam. Kemudian, Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh mitra ITB dalam kesempatan tersebut. Selanjutnya, Dr. Eng. Sandro Mihradi selaku Ketua LK ITB memaparkan profil beasiswa di ITB. Dalam struktur LK, beasiswa serta pengembangan karakter mahasiswa diatur oleh Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa.


Berdasarkan data LK, jumlah beasiswa dari lembaga nonpemerintah cenderung meningkat dari tahun 2012 hingga 2016. Pada tahun 2016, beasiswa nonpemerintah yang diterima oleh mahasiswa ITB bernilai Rp10.554.050.480,-. Mitra beasiswa nonpemerintah ITB adalah 46 perusahaan yang menyediakan 46 beasiswa. Beasiswa dari ITB sendiri terbagi dalam tiga jenis dengan jumlah total Rp102.104.810.400,- pada tahun 2016. Beasiswa dari ITB tersebut kira-kira dua pertiga dari jumlah beasiswa total di ITB. Beasiswa yang bersumber dari pemerintah terbagi menjadi sepuluh beasiswa oleh enam lembaga pemerintah. Selain itu, terdapat beasiswa dari Monsoon Academy dalam bentuk SAP e-Academy serta beasiswa berupa pondokan dari Ibu Riany.


Setelah pemaparan profil beasiswa ITB, terdapat pemberian testimoni oleh Bayu dari Chandra Asri Petrochemical serta Christian P. Somali dari Karya Salemba Empat. Selain itu, mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa juga memberikan testimoni akan pengalaman mereka menerima beasiswa. Kemudian, Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar memberikan apresiasi dalam bentuk sertifikat kepada para mitra. Acara ini ditutup dengan penampilan oleh unit APRES ITB serta Lingkung Seni Sunda (LSS) ITB dan makan siang bersama.