ROBOSHARE, Berbagi Ilmu Robotika dengan Generasi Penerus

Holy Lovenia | Senin, 15 Mei 2017, 04:23:44 | Lihat foto berita ini | Diperbaharui : Rabu, 2 - Agustus - 2017, 01:51:05


BANDUNG, itb.ac.id – Seiring dengan perkembangan zaman, hampir semua kegiatan manusia saat ini dipermudah dengan adanya bantuan dari robot-robot sederhana yang mengisi kehidupan sehari-hari. Telepon genggam, komputer, dan televisi hanyalah tiga contoh di antara robot-robot yang ikut ambil andil dalam kemajuan teknologi. Hal ini juga kerap menimbulkan rasa ingin tahu dan ketertarikan mendalam generasi muda terhadap robotika. Untuk menyalurkan minat tersebut, Unit Robotika ITB mengadakan ROBOSHARE di Labtek V lantai 3 pada Minggu (14/05/17) pukul 08.30-12.30. ROBOSHARE adalah workshop yang ditujukan khusus untuk seluruh murid-murid SMA/SMK/sederajat yang tertarik dengan dunia robotika.



Acara dibuka dengan kata-kata sambutan dari pembawa acara dan perwakilan dari Unit Robotika ITB, yang berisi harapan agar ROBOSHARE dapat membuka wawasan dan memantik rasa ingin tahu para peserta tentang robotika lebih lagi. Kemudian, workshop yang bertujuan untuk memperkenalkan cara membuat robot dan bagaimana cara bekerjasama dalam tim robotika ini dilanjutkan dengan pemberian materi dasar mengenai common sense dari robotika. Penjelasan mengenai robot dan robotika secara umum, pembagian divisi dalam tim, dan apa yang dilakukan setiap divisi dibawakan dalam materi common sense robotika tersebut. Sesi berikutnya adalah kuis online mengenai robotika yang dikemas dalam bentuk permainan yang menarik. Tanya-jawab tersebut dilakukan untuk mengulas materi yang sudah diberikan sebelumnya dan menjelaskan kembali apabila ada yang tidak dimengerti oleh peserta.



Setelah itu, ROBOSHARE memberi tiga pilihan workshop yang dapat diikuti oleh para peserta, di antaranya adalah sensor cahaya, rancang mekanik, dan servo. Peserta dapat memilih workshop mana yang ingin mereka ikuti sesuai dengan keinginan hatinya. Workshop servo mempelajari tentang bagaimana cara merangkai dan menjalankan servo agar dapat bergerak ke dua arah yang berbeda. Di lain sisi, kelas rancang mekanik mempraktikkan bagaimana caranya mendesain suatu sistem mekanik sederhana dengan menggunakan aplikasi Autodesk Inventor. Workshop sensor cahaya belajar bagaimana caranya merangkai sensor cahaya dan melakukan pembacaan intensitas cahaya. Selama keberjalanan workshop-workshop, panitia senantiasa mendampingi para peserta sehingga dapat segera membantu bila diperlukan. Pada penghujung ROBOSHARE, ada penampilan dan demo robot yang disuguhkan oleh Calon Kru 9 Unit Robotika ITB, sebelum akhirnya acara resmi ditutup.