Berita / Utama

ITB Sebagai Tuan Rumah Roadshow Pertamina IGEC 2017

Okta Indah Sulistyorini - Selasa, 24 Januari 2017, 16:53:42

BANDUNG, itb.ac.id - Berperan sebagai pionir dalam kreasi dan inovasi teknologi, Institut Teknologi Bandung menjadi tuan rumah dalam salah satu rangkaian acara roadshow Pertamina Ide Gila Energy Competition (Pertamina IGEC 2017) pada Selasa (24/01/17) bertempat di Aula Barat ITB. Kompetisi yang didukung penuh oleh PT Pertamina (Persero) ini merupakan pewujudan dari upaya pengembangan energi baru dan terbarukan. Mengusung jargon Inovasi, Kreasi, Energi Untuk Bangsa, kompetisi ini diarahkan sebagai wadah untuk masyarakat terutama bagi pelajar dan mahasiswa untuk berinovasi dalam ide bisnis, terobosan produk, atau penerapan teknologi terkait dalam bidang energi untuk peningkatan kualitas sosial dan ekonomi Indonesia.

Program roadshow yang akan digelar di empat kota besar seluruh Indonesia ini secara aktif mengundang partisipasi mahasiswa, terutama mahasiswa ITB, melalui talk show oleh Yoris Sebastian. Beliau yang telah terlebih dahulu dikenal melalui karyanya yang telah diterbitkan, Generasi Langgas: Millenials Indonesia, mengungkapkan segala hal yang diperlukan untuk memicu munculnya ide kreatif dan inovatif. Beliau juga memaparkan posisi pelajar Indonesia yang kini dipegang penuh oleh generasi milenial untuk terbuka dan aware akan kebutuhan bangsa dan masyarakat, terutama dalam lingkup energi alternatif. Selain talkshow, Aula Barat ITB juga dilengkapi dengan anjungan berwujud Pojok Inovasi. Pojok Inovasi berisi karya innovator muda yang bergerak dalam bidan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Pentingnya kompetisi dengan tema energi baru dan terbarukan juga diungkapkan oleh moderator pada acara ini, yaitu Dr. Ir. Priyono Soetikno yang juga bertindak sebagai Kepala Pusat Penelitian Energi Baru dan Terbarukan ITB. Krisis energi merupakan masalah yang tidak dapat terelakkan lagi apabila masyarakat tidak bahu-membahu dalam berinovasi. Kalangan pelajar, yang merupakan harapan bagi masa depan bangsa, diharapkan mampu berkontribusi lebih melalui ide yang fresh, kreatif, dan dimulai dari hal-hal sederhana.

Partisipasi masyarakat dan pelajar sangat dinantikan dalam kompetisi ini. Info lebih lanjut mengenai jenis perlombaan, pendaftaran, dan hadiah bagi pemenang dapat diakses langsung ke halaman web Pertamina IGEC 2017 di www.pertaminaidegila.com.