Berita / Utama

Tim ITB Bawa Pulang Gelar Juara di Ajang E2Festa 2016

Irfaan Taufiiqul Rayadi - Selasa, 15 November 2016, 01:27:09
BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa ITB kembali mengharumkan nama ITB di kancah internasional. Kali ini, Tim ITB berhasil menjadi juara pertama di ajang E2Festa (Engineering Education Festa) yang digelar di Kintex 2 Exhibition Center, Korea Selatan pada hari Jumat (11/11/16) kemarin.

Acara yang digelar oleh The Korea Institute for Advancement of Technology (KIAT) ini merupakan lomba tahunan yang mengundang ratusan praktisi keteknikan dari seluruh belahan dunia. Pada lomba ini, Tim ITB berhasil membawa pulang 2 gelar, yakni Juara Utama oleh Tim Kodinesia dengan karya mereka yang berjudul "OXY-TREE: Clean Air for Everyone" beranggotakan Adri Hidayatulloh (Desain Produk 2012), Fadhil Mochammad (Teknik Elektro 2012), Aditya Iriawan Handoko (Teknik Mesin 2012), serta 3 anggota tim lainnya yang berasal dari Chonbuk National University, Korea. Selain itu, Tim Megatron dari ITB pun berhasil meraih Excellence Award dengan anggota tim Rahasih Lupita Maheswari (Desain Produk 2012), Ginani Hening Utami (Teknik Arsitektur 2012), Aflin Tris Hibatullah (Teknik Fisika 2012), Mega Pradipta (Teknik Mesin 2012), serta 3 anggota tim lainnya yang berasal dari Mokpo National University, Korea.


Dihubungi melalui korespondensi internasional, Adri, mewakili timnya, mengaku sangat senang timnya dapat keluar sebagai juara. "Alhamdulillah, setelah berjuang selama hampir setahun, dimulai dari brainstorming ide, dengan segala keterbatasan bahasa dan perbedaan jurusan, ternyata kami bisa melewati itu semua dan akhirnya bisa menyamakan pikiran untuk membuat produk yang kami namakan "Oxy-Tree". Memang berat perjalanan untuk membuat produk ini sampai harus mengorbankan hal-hal lain termasuk tugas kuliah, tapi Alhamdulillah semua pengorbanan itu terbayarkan dengan diumumkannya tim kami sebagai Pemenang Utama E2Festa di Korea," ujarnya. Ia pun berharap agar timnya masih bisa tetap terus berkarya, dan karyanya dapat direalisasikan di kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk lomba saja. Terakhir, ia pun menambahkan, "semoga manfaat dari perjuangan kami selama ini bisa membuat kami sukses ke depannya."


(Sumber foto: Dokumentasi Peserta)