Berita / Utama

Mahasiswa ITB Semarakkan Hari Raya Idul Adha di Open House Rektor ITB

Anin Ayu Mahmudah - Senin, 12 September 2016, 19:24:33
BANDUNG, itb.ac.id - Peringatan Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu ajang berkumpul bersama sanak keluarga. Namun karena waktu libur yang tidak cukup lama membuat beberapa dari para mahasiswa ITB yang berasal dari daerah-daerah yang jauh dari Kota Bandung tidak berkesempatan untuk kembali ke kampung halaman mereka masing-masing. Pada Hari Raya Idul Adha 1427 Hijriyah, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menggelar "Open House Rektor ITB" pada Senin (12/09/16) bertempat di Wisma Rektor ITB, Jalan Ir. H. Juanda No. 153 Bandung. Acara ini dimaksudkan untuk membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang tidak pulang ke rumah supaya tetap dapat menikmati kebersamaan di hari raya.

Open House Rektor ITB merupakan tradisi yang sudah turun-temurun dilaksanakan oleh Rektor ITB yang tengah menjabat untuk menyambung silaturahmi dengan para pegawai di ITB serta para mahasiswa. Menurut Prof. Kadarsah, selain untuk menyemarakkan suasana lebaran dan menyambung silaturahmi, Open House Rektor ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan komunikasi informal antara beliau dengan para mahasiswa. "Biasanya kan saya cuma bisa berkomunikasi secara formal dengan mahasiswa, misalnya dari kelas, acara wisuda, penerimaan mahasiswa baru atau acara-acara rektorat lainnya. Tapi dari acara ini saya juga berharap para mahasiswa dapat dengan nyaman ngobrol sama saya sehingga saya juga bisa lebih mengenal mereka dengan baik," ujar Prof. Kadarsah. Beliau merasa hubungan antara rektor dengan mahasiswa juga harus terjalin dengan harmonis.

Bagi para mahasiswa sendiri, acara ini selain menjadi kesempatan untuk menikmati hidangan khas lebaran yang tidak dapat mereka nikmati karena tidak pulang ke rumah, Open House Rektor ITB juga adalah ajang untuk berbincang lebih dekat bersama rektor. Menteri Inovasi Wirakarya, Wahyu Musqita (Teknik Fisika 2012) menuturkan, "Saya merasa bahagia. Acara ini bisa menambah kedekatan dengan rektorat dan kesan kekeluargaannya sangat dapet. Apalagi Open House di Idul Adha kali ini yang hadir lebih banyak daripada waktu Idul Fitri kemarin."

Seusai sholat Ied yang dilaksanakan di Lapangan Campus Center ITB, para mahasiswa menuju kediaman rektor untuk memeriahkan acara ramah-tamah dari Prof. Kadarsah selaku Rektor ITB. Berbagai mahasiswa dari daerah yang berbeda-beda berkumpul untuk menikmati hidangan dan kebersamaan yang disuguhkan pada event berharga ini.  

"Undangan untuk acara ini berasal dari berbagai kalangan seperti dosen-dosen, mahasiswa yang sedang di Bandung dan tidak pulang, juga para pegawai. Tujuan utamanya ya untuk silaturahmi dan berkumpul bagi mahasiswa yang tidak pulang karena waktu liburnya cuma sebentar," tutur Destina (Teknik Industri 2012) yang juga putri dari Prof. Kadarsah.

"Saya harap Open House ini juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan di antara kita meskipun disini identitas dan peran kita berbeda-beda," tutup Prof. Kadarsah.