Berita / Utama

Masjid Salman ITB Kembali Kedatangan Rombongan Tokoh Nasional

Cintya Nursyifa - Senin, 20 Juni 2016, 08:11:08

BANDUNG, itb.ac.id - Ramadhan kali ini kembali diisi dengan kegiatan produktif nan masif di sekitar lingkungan kampus ITB. Tidak hanya melibatkan jajaran internal, masjid Salman ITB secara sinergi berkolaborasi dengan pejabat regional hingga nasional terutama dalam menyelenggarakan kegiatan Inspirasi Ramadhan (IRAMA) 1437 H . Pasalnya kali ini masjid Salman ITB kedatangan rombingan tokoh nasional beserta sekaligus abdi negara. Di antara tamu yang hadir tersebut adalah Dr. Sofyan A. Jalil SH., MA., MALD. (Menteri Koordinator Perekonomian), Dr. Ir. Fadel Muhammad Al-Haddar (Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2009-2011), Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), dan  Rektor ITB periode 2015-2019 Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Peristiwa yang terjadi pada hari Minggu (19/06/16) ini disambut dengan baik melalui persiapan yang matang dan pengondisian lingkungan kompleks masjid Salman ITB.

 

Kedatangan para tokoh nasional ini mempunyai maksud untuk menyebarkan inspirasi-inspirasi yang berasal dari tokoh berpengaruh terutama bagi peserta yang berasal dari kalangan umum. Bagi Jusuf Kalla (JK), kesempatan ini dapat menjadi momentum untuk mendengarkan inspirasi juga dari pelajar dan masyarakat yang turut berpartisipasi. "Inovasi dan skill sangat penting dimiliki, inilah dasar kepemimpinan yang baik," tutur JK saat menyampaikan materi dengan topik "Arti Kepemimpinan Sejati untuk Rahmat Semesta Alam" di ruang utama Salman ITB. Beliau turut menyampaikan tujuannya dalam memimpin negara adalah untuk memperbaiki bangsa. Salah satu solusi untuk memperbaiki bangsa yang beliau sampaikan adalah melalui peningkatan produktivitas yang berkaitan erat dengan teknologi.  

Teknologi yang diharapkan tersebut bersifat mandiri.  Hal yang serupa disampaikan oleh Dr. Ir. Fadel Muhammad Al-Haddar yang turut memaparkan materi terkait entrepreneurial government. Fadel sempat mendirikan usaha di bidang permesinan bersama rekan-rekannya yang berkuliah juga di ITB. Selain itu  tokoh yang kerap dipanggi Bang Fadel ini sempat mengecap pendidikan pemerintahan dengan spesifikasi entrepreneurial government pula. Alumni ITB yang telah berkontribusi memberikan rona pemerintahan sebagai Gubernur Gorontalo ini pun menunjukkan keselarasan dengan visi ITB sebagai entrepreneurial university. "Jiwa inovasi harus dimiliki dari awal, tanpa ada spirit tidak bisa. Saya punya spirit dalam jiwa entrepreneur yang saya miliki," begitu kurang lebih ungkap Bang Fadel. Fadel pun menambahkan bahwa entrepreneur merupakan mindset dan spirit yang menjadi pedoman yang dicontohkan Nabi Muhammad. Dengan alumni yang berpengalaman di bidang entrepreneurship ini, visi entrepreneurial university bukan lagi mustahil terwujud.