Seminar Internasional SBM ITB dihadiri Ratu Belgia

Oleh Cintya Nursyifa

Editor -

JATINANGOR, itb.ac.id - Tak henti-henti menjalin relasi dan kolaborasi membuat ITB melalui Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) berhasil menggelar seminar Internasional "University State Bussiness" yang dihadiri Ratu Astrid dari Belgia. Seminar yang juga terwujud atas kerjasama pihak ITB dan USB Jawa Barat Incorporation ini memaparkan konsep "USB-drive" yang bertujuan menyatukan upaya perguruan tinggi, entitas Negara dan Bisnis dalam rangka meningkatkan aspek akademik, masyarakat dan dunia usaha.  Seminar ini resmi dilaksanakan pada Jumat (18/03/16) di Aula Barat ITB.Kehadiran Ratu Astrid sendiri terkait perannya dalam memimpin misi ekonomi Belgia untuk Indonesia. Sebagai wakil dari Raja Philip, ia memimpin misi ekonomi kelima untuk Indonesia yang bertujuan sebagai upaya memperkuat kerjasama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Belgia. Tujuannya adalah untuk memiliki perusahaan Indonesia dan perusahaan Belgia bersama-sama untuk membangun kemitraan dan bisnis.

Lebih dari 100 peserta Indonesia dan Belgia mengikuti acara ini dan membawa pengalaman dan keahlian mereka dalam seminar dua jam yang terdiri dari sesi panel potensi dengan topik penelitian bersam, sesi berbagi dari pelaku bisnis di taman ilmu pengetahuan dan universitas yang memberlakukan sistem spin-off (pemisahan usaha), dan sesi panel untuk program pertukaran yang dikhususkan untuk SDM. Beberapa narasumber yang hadir dan membagikan ilmu berharga di antaranya, Prof. Dr. Van Huylenbroeck (Wakil Rektor UGent), Prof. Eng Marc DESCHAMPS. Dr. Leo Aldianto (Kepala Divisi Park Innovation, Institute for Innovation & Entrepreneurship Development), Prof. Dr. Robert RENAVILLE, M. Xavier PINCHART, Yusuf Suhyar (Departemen Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat), Dr. Mustika Sufiati Purwanegara selaku dosen ITB, dan diisi pula oeh mahasiswa SBM ITB.

Selepas pemaparan materi, Ratu Astrid diberi kesempatan untuk memberikan piala bagi para pemenang Young Ambassador Bisnis Program 2015. Program ini bertujuan untuk mengekspos bisnis mahasiswa pada dimensi internasional terutama untuk mahasiswa SBM ITB dan HEC-ULG (University of Liege Belgia). Selain dalam kategori perusahaan, para pemenang berasal pula dari mahasiswa yaitu, Dian Wahyu Pratama, Lisandy Arinta Suryana, dan Seasha Arsyanda. Sebagai penutup kegiatan, pihak penyelenggara menyelenggarakan penandatangan kerja sama dengan dengan pihak nasional maupun internasional guna meningkatkan akselerasi bersama.


Sumber: sbm.itb.ac.id


scan for download