Berita / Utama

Tim Robotika ITB Harumkan Nama Indonesia Pada Ajang ABU Robocon 2015

Syardianto - Rabu, 26 Agustus 2015, 10:49:28
BANDUNG, itb.ac.id - Setelah berhasil berlaga dan menjadi utusan Indonesia, Tim Robotika yang diwakili oleh dua perguruan tinggi yang berhasil merebut juara Kontes Robot Indonesia 2015, yaitu Tim Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Tim Politeknik Negeri Batam baru saja bertarung pada salah satu ajang kompetisi Robot Internasional, Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) Robocon Contest 2015. Kompetisi Internasional ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Minggu (23/08/15) dengan mengusung tema Robominton badminton robot games.

Tim Dagominton Indonesia yang diwakili oleh ITB beranggotakan Restu Ikhsanul Fikri (Teknik Mesin 2011), Eko Budi Satrio (Teknik Mesin 2012), Agung Nuza Dwi Putra (Teknik Elektro 2012), Rendy Wandarosanza (Teknik Elektro 2012), Raga Adiguna (Teknik Mesin 2012), dan Fanny Achmad Hindrarta (Teknik Elektro 2012) berhasil menduduki dua penghargaan sekaligus pada ajang bergengsi ini, tercatat sebagai 2nd Runner Up dan Penghargaan Panasonic Award menunjukan bahwa Tim Dagominton ini telah memberikan performa terbaiknya dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional setelah berhasil melawan tim yang berasal dari Rusia, Mongolia, Korea, dan negara-negara lainnya.

Sekilas Tentang ABU Robocon

ABU Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari negara di Asia Pasifik. Kompetisi ini pertama kali diselengarakan pada tahun 2002 bertempat di Tokyo, Jepang. Pada ABU Robocon ke-14 ini, Indonesia untuk pertama kalinya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara. Pada tahun 2015 ini, ABU Robocon mengusung tema Robominton yang berarti Robot pemain badminton mengacu kepada aturan badminton yang sesungguhnya. ABU Robocon 2015 diikuti oleh 18 negara seperti Jepang, China, Korea, Thailand, Vietnam, Malaysia, Mesir, Hong Kong, Pakistan, Iran, India, Kazakhstan, Mongolia, Fiji, Sri Lanka, Rusia, Nepal dan Indonesia.

Juara pertama ABU Robocon 2015 adalah Vietnam yang diwakili oleh Hung Yen University of Technology, di posisi kedua ada Negara Hong Kong yang diwakili oleh Hong Kong University of Science, dan di posisi ketiga adalah Indonesia dari Institut Teknologi Bandung serta Thailand dari Vongchavalitkul University. Tahun 2016 mendatang, ABU akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand dengan mengusung tema "Chai-Yo" yang merupakan penerapan dari konsep renewable energy sources.

Juara Hasil Kerja Keras dan Kekompakan Tim

Tim ABU Robocon ITB merupakan salah satu tim yang tergabung dalam Unit Robotika ITB. Tim ABU Robocon ITB tahun ini bernama Dagominton. Dalam perjalanannya selama hampir setahun ini, Dagominton menorehkan prestasi yang sangat gemilang. Dimulai dari juara pertama Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) Tingkat Regional dan juara pertama pada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) Tingkat Nasional, Dagominton tercatat sebagai pemecah rekor belum terkalahkan sama sekali dalam setiap pertandingan yang diikuti hingga memperoleh piala bergilir Sambawana Pratimacala pada KRI Tingkat Nasional dan mewakili Indonesia pada ABU Robocon 2015 tingkat Internasional.

Tim Dagominton ITB didukung oleh puluhan mahasiswa dan alumni yang bekerja bersama membangun robot yang memiliki kemampuan bermain badminton ini. Kerja keras dan kekompakan Tim membawa semua prestasi yang telah tergoreskan oleh Tim Dagominton ITB, juga semangat berkarya yang telah terlahir dari para jiwa muda mahasiswa ITB membawa juara adalah hasil dari segala upaya, usaha, dan doa.