Jalin Erat Silaturahmi, FTMD ITB Jawab Melalui International Day 2015

Oleh Syardianto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id,- Future Global leaders program (FGL) menjadikan suatu kesempatan emas bagi setiap mahasiswa untuk dapat merasakan mengenyam pendidikan di luar negeri. Pada dasarnya, untuk belajar di negeri orang, hal utama yang dipersiapkan adalah kecakapan komunikasi penggunaan bahasa seperti penggunaan Bahasa Internasional. Namun, kondisi tersebut tidak hanya sebatas penggunaan bahasa saja. Pasalnya, untuk mengenyam pendidikan di Negara orang, hal detail yang dipersiapkan tidak hanya bahasa namun pengetahuan mengenai letak geografis, budaya dan adat istiadat, pola kehidupan (lifestyle), hingga biaya kehidupan (lifecost).

Atas dasar argumentasi itulah, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung mengadakan seminar pengetahuan bagi mahasiswanya yang bertajuk "FTMD International Day 2015". Seminar ini bertujuan mendekatkan tali silaturahmi antar mahasiswa asing dengan mahasiswa Indonesia yang berada di FTMD sekaligus sebagai ajang sharing bagaimana pengalaman belajar di Indonesia, dan juga memerkenalkan negaranya masing-masing. Pasalnya, pada tahun akademik 2014/2015 semester 2 ini, FTMD menerima kurang lebih belasan Mahasiswa Asing dari berbagai negara seperti Jepang, Kamboja, Vietnam, Korea, Republik Ceko, dan Nepal yang berasal dari mahasiswa exchange, double degree, ataupun strata-2 yang tersebar di jurusan Mesin, Penerbangan, dan Material.

Seminar yang berlokasi di Gedung FTMD, Labtek II, pada Sabtu (09/05/15) ini dihadiri oleh belasan mahasiswa Asing, 80 mahasiswa Indonesia , dan Kaprodi FTMD. Bertempat di Ruang 4101, seminar ini diawali oleh kata sambutan oleh Bapak Zainal selaku Kepala Prodi Mesin, dan dilanjutkan oleh permainan sederhana yang bertujuan mendekatkan diri antar mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia agar tidak adanya kecanggungan. "Tentu kita berharap mahasiswa kita bisa mendapatkan teman melalui perkenalan dan interaksi ini begitu juga dengan mereka," tutur Zainal.

Setelah terciptanya kehangatan melalui permainan sederhana yang dikomando oleh pemandu acara, dilanjutkan dengan presentasi oleh mahasiswa asing sebagai ajang berbagi wawasan yang berisi tujuan mereka belajar di Indonesia, kesan belajar di Indonesia, kondisi negara mereka seperti letak geografis, populasi penduduk, makanan khas, dan tempat wisata serta informasi pendidikan di masing-masing negara seperti informasi pendidikan di Jepang, Republik Ceko, dan Vietnam, hingga estimasi biaya kehidupan disana.

Ditemui pada saat wawancara singkat hari itu, Tanioka Hiroki (Mahasiswa asal Jepang) memilih belajar di Indonesia karena ketertarikan dirinya terhadap Indonesia yang dimulai dari perjalanannya ke Surabaya, Yogyakarta, dan Bali, kemudian keramahan penduduk Indonesia lah yang membuat dirinya merasa nyaman berada di Negeri ini.

FTMD International Day 2015 adalah acara sharing mahasiswa asing bersama mahasiswa indonesia di satu fakultas yang pertama kali diadakan di lingkungan ITB. Kegiatan yang sangat memotivasi dan bermanfaat ini direbut oleh mahasiswa FTMD untuk dapat lebih dekat berkenalan, berinteraksi, dan bertukar pikiran bersama mahasiswa asing dari berbagai negara sekligus jadi ajang menambah pengetahuan yaitu mereka mendapat gambaran bilamana mengenyam pendidikan di Luar Negeri. "Ini adalah acara pertama kalinya, kita berharap acara ini bisa terus dilaksanakan melihat manfaat yang luar biasa dan antusias dari mahasiswa kita sendiri," ungkap Zainal.


scan for download