Berita / Utama

ITB Resmi Lantik Lima Wakil Rektor 2015-2020

Luh Komang Wijayanti Kusumastuti - Jumat, 30 Januari 2015, 10:23:19
BANDUNG, itb.ac.id - Hari ini, Jumat (30/01/15), dilaksanakan pelantikan pejabat ITB periode 2015-2020. Dalam rangkaian acara ini, lima wakil rektor dilantik secara resmi melalui surat keputusan rektor setelah pembacaan ikrar jabatan. Lima wakil rektor tersebut adalah Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D, Prof. Dr. Irawati, MS, Prof. Dr Wawan Gunawan A. Kadir, MS, Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono, dan Dr. Miming Miharja, ST., M.Sc., Eng. Pelantikan ini juga dihadiri rektor-rektor dan pejabat ITB terdahulu serta perwakilan mitra ITB.

Dalam sambutannya, Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, menyampaikan tujuh poin kepemimpinan yang diamanatkan kepada lima wakil rektor yang baru. Pertama, wakil rektor memiliki kewajiban menentukan arah kedepan dan cara mewujudkannya. Serta harus menerima aspirasi dari setiap Civitas Academica ITB dan pihak luar. "Arah tujuan nantinya diawali dengan academic plan yang mengacu pada rencana induk pengembangan ITB," ungkap Kadarsah. Kedua, menyampaikan kepada komunitas di bawah pimpinan bidang masing-masing bagaimana mencapai tujuan tersebut. Ketiga, melakukan pelayanan atas apa yang orang tua mahasiswa dan mahasiswa butuhkan serta amanatkan.

Keempat, mengelola data dan informasi serta ilmu pengetahuan. Selain itu juga perlu mengintegrasikan semua unit agar terpantau dengan baik untuk mencapai tujuan ITB. Kelima, memberdayakan institusi dengan SDM dan non SDM yang dimiliki ITB agar bermanfaat. Keenam, menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diamanatkan pemerintah secara efisien dan produktif. Ketujuh, melaporkan setiap tiga bulan mengenai hasil kinerja karena ITB merupakan institusi yang kini berbadan hukum. "Saya titipkan perencanaan, pelaksanaan, dan monitoringnya agar memajukan ITB demi kemajuan bangsa dan negara," ungkap Kadarsah.


Selain menyampaikan tujuh poin tadi, Kadarsah juga mengamanatkan satu per satu wakil rektor sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pengangkatan wakil rektor sekaligus memberhentikan secara hormat wakil rektor periode sebelumnya. Wakil rektor baru periode 2015-2020 adalah Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Irawati, MS sebagai Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Organisasi,  Prof. Dr Wawan Gunawan A. Kadir sebagai Wakil Rektor Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan, Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono sebagai Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, dan Dr. Miming Miharja, ST., M.Sc., Eng sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi. Kadarsah berharap semoga Wakil Rektor periode 2015-2020 bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. "ITB memang besar, tapi jangan terlalu berbangga hati. Karena kebesaran itu adalah sebuah tanggung jawab," kata Kadarsah.