Berita / Utama

SAPPK ITB dan Jurnal PWK Tanda Tangani MoU dengan IAP

Luh Komang Wijayanti Kusumastuti - Senin, 6 Oktober 2014, 14:10:41
Pada Jumat (19/09/14), SAPPK ITB dan Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota(PWK) ITB menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dalam bidang pendidikan, profesi, dan penelitian. Penandatanganan ini dilaksanakan bertepatan dengan Seminar Peran dan Pendidikan Perencanaan Wilayah dan Kota pada Era Disentralisasi dan Demokratisasi dalam rangka ulang tahun program studi PWK yang ke - 55. Dari pihak SAPPK diwakili oleh Dr. Ir. Denny Zulkaidi, MUP, wakil dekan SAPPK. Jurnal PWK diwakili oleh Delik Hudalah, PhD dan pihak Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) diwakili langsung oleh ketuanya yaitu Ir. Bernardus R. Djonoputro.

Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan program pendidikan program studi PWK ITB yang mampu menghasilkan lulusan dengan ketrampilan, kecakapan, dan kemampuan yang dapat diterima di dunia kerja profesi perencanaan Indonesia. Selain itu juga untuk mengembangkan pembinaan kepada mahasiswa, akses pertukaran informasi ilmiah, teknologi, keprofesian, dan informasi lain untuk membuat pengetahuan yang dihasilkan dapat tersebar dan dikelola dengan baik. Kerjasama ini juga erhubungan dengan seminar yang diangkat pada ulang tahun pendidikan PWK yang ke - 55, yaitu perumusan peran dan pendidikan PWK pada era desentralisasi.


Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota yang dikelola langsung oleh program studi PWK juga bekerjasama untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki kedua pihak secara optimal. Khususnya dalam hal penyebarluasan hasil-hasil penelitian untuk mengembangkan keilmuan dan profesi PWK di Indonesia. Selama ini, menurut Delik Hudalah riset dan publikasi di dalam bidang perencanaan wilayah dan kota masih dirasa kurang mendapat perhatian, mulai dari pendanaan hingga pengelolaan. Padahal, riset serta publikasinya sangat penting dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan. Selanjutnya Jurnal PWK akan dikelola bersama IAP melaui penyuntingan dan penelaahan naskah, penerbitan, penyebarluasan, pemasaran, serta penyediaan sumberdaya. Diharapkan melalui kerjasama ini, jurnal PWK mampu mendapatkan akreditasi sebagai jurnal nasional dalam bidang PWK. Serta mampu lebih berkembang dan bermanfaat.