Peringati 55 Tahun Pendidikan Planologi, PWK ITB Gelar Peluncuran Buku Regional Dynamics in A Decentralized Indonesia

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Memperingati ulang tahun program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITB yang ke-55, pada tahun ini PWK ITB kembali mengadakan peluncuran buku berjudul "Regional Dynamics in A Decentralized Indonesia" karangan Hal Hill pada salah satu rangkaian acara peringatan 55 tahun PWK ITB.  Pada peluncuran buku ini turut hadir Prof. Gde Raka, Ph.D dan Delik Hudalah, Ph.D sebagai pembahas buku tersebut. Peluncuran buku ini dimoderatori sekaligus dibuka oleh Ibnu Syabri.
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Tepatnya pada tahun 2001, Indonesia mengalami masa transisi desentralisasi yang melibatkan transfer kewenangan administratif, politik dan keuangan pada pemerintah lokal yang sampai saat ini berjumlah lebih dari 500. Transisi yang dapat dikatakan cukup cepat ini memberikan perubahan mendasar yang mencakup kehidupan politik, sosial, dan bisnis Indonesia. Pelimpahan kewenangan yang kita kenal dengan desentralisasi ini memberi dampak kekuasaan untuk mengambil keputusan yang telah bergeser jauh dari pusat. Bagaimana otonomi daerah ini akan meningkat secara signifikan dan bagaimana otonomi daerah bekerja akan memberikan pengaruh penting pada masa depan Indonesia.

Pada buku ini, terdapat kompilasi tulisan dan pemikiran dari kurang lebih 40 penulis dengan keahlian yang mendalam di Indonesia, Tommy Firman , salah satu dosen pengajar senior di program studi PWK ITB salah satunya. Buku ini memberikan penilaian yang faktual, komprehensif dan analitis dalam menyikapi dinamika pembangunan darah di lingkungan pasca desentraliasasi. Konten dari buku ini juga mencakup : eksplorasi dari sejarah; pola politik dan pembangunan di tingkat daerah; hubungan antara desentralisasi dan tata kelola; perspektif di tingkat lokal; migrasi, kota, dan konektivitas; dan tantangan yang dihadapi daerah perifer seperti Aceh dan Papua.

Profil Hal Hill

Hal Hill adalah staf pengajar dari Australian National University pada Department of Economics and Government, College of Asia and the Pacific. Minat penelitian beliau terdapat pada ekonomi Asia Tenggara dan ekonomi transisi; industrialisasi dan investasi asing di Asia Timur; dan hubungan ekonomi Australia dengan wilayah Asia Pasifik.

Hal Hill juga sekaligus merupakan penulis atau editor dari 15 buku dan telah menulis sekitar 140 makalah akademis dan bab buku. Judul utamanya meliputi Perekenomian Indonesia Sejak Tahun 1966 (Cambridge University Press, edisi ke dua, 2000) dan The Philippine Ekonomi (disusun bersama dengan Arsenio Balisacan, Oxford University Press, 2003). Sejak tahun 2000, beliau juga menulis buku mengenai isu pembangunan Timor Timur, dampak sosial dari krisis ekonomi Asia, dinamika pembangunan daerah di Filipina, investasi asing dan globalisasi dalam mengembangkan perekonomian Indonesia.

Sejak tahun 1986-1998 Hal Hill mengepalai proyek-proyek dengan Universitas Indonesia, dan juga memanfaatkan sebagian besar waktunya untuk menulis di Buletin Studi Ekonomi Indonesia. Hal Hill merupakan kontributorberkala untuk surat kabar Australia dan Asia. Dia telah bekerja sebagai konsultan bagi Pemerintah Australia, Pemerintah Indonesia, Bank Dunia, Bank Pembangunan Indonesia, dan beberapa badan-badan PBB. Ia telah menjabat berbagai posisi dewan editorial dari tiga belas jurnal akademik.

scan for download