Mining Expo 2014: Kenal Lebih Dalam Dunia Pertambangan

Oleh Teguh Yassi Akasyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMT) ITB melalui rangkaian acara Indonesian Students Mining Competition (ISMC) IX dan South East Asian Students Mining Competition (SEASMC) I menyelenggarakan Mining Expo 2014 yang dilaksanakan pada Jumat hingga Sabtu (07-08/02/14) bertempat di Lapangan Basket Campus Centre Barat ITB. Mining Expo 2014 ini mengusung tema "Mining for Development" dengan menghadirkan perusahaan ternama yang bergerak di bidang pertambangan serta beberapa instansi dan departemen pemerintah terkait.

"Ide utama diadakannya Mining Expo ini adalah muncul spekulasi yang tidak sesuai terkait dengan informasi pertambangan, sehingga ISMC-SEASMC menargetkan agar masyarakat mengerti akan seluk-beluk dunia tersebut," tutur Alfonsus Liguori Wahyu Wardhana (Teknik Pertambangan 2010) selaku ketua pelaksana ISMC-SEASMC. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia pertambangan kepada masyarakat secara luas, mulai dari tahap eksplorasi hingga proses pasca pertambangan (reklamasi). Perusahaan serta instansi yang ikut berpartisipasi antara lain PT Agincourt Resources, PT Rekabumi, PT Atlas Copco Nusantara, PT Cipaganti Heavy Equipment, PT Sania Bara Consulting, PT Bhumi Rantau Energi, PT Draco Indonesia, PT Cokal, PT Dunia Survei, PT Mancaniga Teknik, Museum Geologi, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia.

Uniknya, melalui acara Mining Expo 2014, tim dari PT Agincourt Resources atau lebih dikenal dengan 'G-Resources' tersebut menyelenggarakan E-Coaching Jam (ECJ) yang dirancang khusus untuk mendukung penyelenggaraan acara ISMC-SEASMC . ECJ merupakan wadah komunikasi yang membimbing dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melengkapi pengetahuan akademisi dengan pengalaman dan keahlian praktis-aplikatif di dunia kerja. Pada Mining Expo 2014 ini, ECJ dilaksanakan secara tatap muka langsung dengan para ahli pertambangan dari G-Resources. "Langkah ini dirasa penting untuk mahasiswa karena mereka membutuhkan gambaran di dunia kerja, ECJ sendiri kedepannya akan dilaksanakan secara online melalui surat elektronik," tutur Ratna Novianti selaku panitia divisi Sponsorship & Event Management Superintendent dari G-Resources.

 

"Kedepannya, kami mengharapkan agar masyarakat mendukung sektor pertambangan, karena sektor ini memang memegang peranan yang cukup penting," tambah Alfonsus. Selain menghadirkan perusahaan dan instansi pemerintah, Mining Expo 2014 kali ini turut menyelenggarakan band competition khusus untuk siswa tingkat SMA se-Kota Bandung. Selain meramaikan acara, lomba ini sendiri bertujuan untuk mengajak siswa SMA tersebut mengenal dunia pertambangan melalui Mining Expo 2014. ISMC-SEASMC sendiri juga mengadakan perlombaan di bidang tambang untuk tingkat mahasiswa se-Asia Tenggara dan paper competition untuk mahasiswa tingkat nasional yang masih berlangsung hingga Minggu (09/02/14).


scan for download