Berita / Utama

Envoria 2013: Competition, Ecorsion, and Exhibition

Akbar Syahid Rabbani - Senin, 18 November 2013, 14:03:59
BANDUNG,itb.ac.id- Globalisasi tidak bisa menjadi alasan untuk melupakan aspek lingkungan dalam kehidupan manusia. Hal inilah yang membuat Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL ITB) menggelar acara Environmental Euphoria (Envoria2013) dengan tajuk Competition, Ecorsion and Exhibition pada Sabtu (16/11/2013) di Lapangan CC Timur ITB. Envoria 2013 terdiri dari serangkaian acara, yaitu lomba fotografi dan jingle, ecorsion, pengabdian masyarakat dengan gerakan 1000 shopping bag dan acara puncak berupa pameran. Selain memberikan pengetahuan di bidang TeknikLingkungan, pameran Envoria 2013 juga diisi oleh hasil karya lomba-lomba yang diselenggarakan, stand perusahaan mitra Teknik Lingkungan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan berbagai macam kuliner yang dapat dinikmati oleh para penonton yang hadir.

Dalam penyelenggaraan Envoria 2013, panitia menerapkan zero waste event, yaitu sebuah acara yang berusaha untuk meminimalisasi jumlah sampah yang dihasilkan sehingga tetap ramah lingkungan. Hal ini juga semakin terlihat dari barang-barang eco-lifestyle yang dijual oleh panitia saat acara berlangsung, yaitu tempat minuman ENV dan notes yang terbuat dari kertas reuse dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Acara yang diselenggarakan pada pukul 10.00 - 17.00 WIB ini mendapatkan sambutan yang baik dari mahasiswa ITB. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa ITB yang turut berpartisipasi pada acara tersebut. Selain mengikuti seminar yang diselenggarakan, beberapa mahasiswa juga memilih untuk berkompetisi dalam lomba-lomba yang digelar oleh Envoria 2013. Para juara lomba fotografi dan lomba jingle pun turut diundang pada acara puncak Envoria 2013 untuk menerima hadiah, plakat dan sertifikat dari panitia.

Setelah acara ini selesai diselenggarakan, panitia Envoria 2013 berharap mahasiswa ITB khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dapat mengetahui hal-hal penting mengenai keprofesian Teknik Lingkungan. Selain itu, acara ini juga merupakan awal dari program kerja Desa Mitra HMTL ITB yang akan diselenggarakan beberapa bulan kedepan. "Kami berharap acara ini dapat membuat masyarakat lebih mengetahui berbagai hal penting mengenai aspek lingkungan, yang sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan kita sebagai manusia. Semogaacara-acara HMTL ITB selanjutnya dapat memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia." kata Amrini Amalia Shafdar, ketua panitia Envoria 2013.