Mengenal dan Mempelajari Antariksa Melalui Astara Ganesha

By Nida Nurul Huda

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Astronomi  ITB (Himastron ITB) menyelengggarakan acara Astara Ganesha yang dilaksanakan pada Jumat-Sabtu,  (04-06/10/13). Acara ini merupakan acara besar berskala nasional yang terdiri dari beberapa rangkaian acara bertempat di kampus ITB Ganesha.

Berangkat dari kepedulian akan kualitas ilmu pengetahuan anak-anak Indonesia yang secara keseluruhan masih rendah dan tidak merata, Astara Ganesha bermaksud untuk menjadi inspirator melalui ilmu tentang antariksa. Dengan latarbelakang tersebut diharapkan acara ini dapat membangun motivasi anak-anak Indonesia untuk belajar tak hanya astronomi dan ilmu sains lain, seperti fisika, kimia, matematika dan biologi. Namun juga keilmuan lain seperti  ekonomi, hukum, bisnis, antropologi, serta kelimuan sosial dan humaniora lainnya.


Selain itu, Astara Ganesha juga dibentuk untuk memperingati Worl Space Week (04-10/10/13) dan 90 tahun Observatorium Boscha sebagai pusat riset astronomi tertua Indonesia. World SpaceWeek adalah sebuah perayaan internasional tentang ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa. World SpaceWeek memiliki beberapa tujuan yaitu, mendidik masyarakat global untuk mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari antariksa, mendorong penggunaan antariksa untuk eknomi berkelanjutan, menunjukkan dukungan masyarakat untuk program-program antaariksa, menstimulus pemuda untuk belajar sains, dan membantu perkembangan kerjasamainternasional di bidang pengembangan antariksa dan pendidikan. Dalam hal ini, Himastron ITB merupakan salah satu perwakilan dari Indonesia untuk memfasilitasi perayaan tersebut.


Beberapa rangkaian acara Astara Ganesha yaitu, Observasi Langit Malam dan Observasi Matahari (04-06/10/13), Pameran Antariksa (06/10/13),Talkshow "Mengulik Ekso Planet" (22/09/13) di Planetarium Jakarta , Talkshow "Extraterrestrial"  (06/10/13), Astrokids  (acara mengenal antariksa untuk anak-anak) (04-06/10/13), dan beberapa pra-event seperti Lomba Poster Astronomi, Kunjungan Pengenalan Antariksa ke TK dan SD sekitar Bandung, dan Star Party Goes to Street. "Kami berusaha merangkul seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa dan acara ini terbuka untuk umum", ujar Tio Perdana, Ketua Acara Astara Ganesha (Astronomi 2010).

Pada Observasi Langit terdapat dua teleskop yang disediakan panitia untuk mengetahui beberapa objek langit seperti matahari dan bintang bagi pengunjung. Pengunjung juga akan dijelaskan mengenai objek langit yang dilihatnya oleh panitia.

Astara Ganesha diharapkan dapat menjadi inspirator dan fasilitator  untuk mengenal serta belajar lebih jauh dengan dunia antariksa. "Tak dapat dipungkiri antariksa masih menjadi daya tarik orang untuk mempelajari sains dan di Astara Ganesha semua orang dapat mempelajarinya", ujar Tio.

 

sumber foto: Himastron ITB