Enam Mahasiswa Wakili ITB Pada Ajang Indonesia Youth Forum 2013

By Akbar Syahid Rabbani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Enam orang mahasiswa mewakili ITB sebagai Official Delegates pada gelaran Indonesia Youth Forum (IYF) 2013 di Bandung, pada Kamis-Minggu (23-26/05/13). Keenam mahasiswa itu adalah Akbar Syahid Rabbani (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan 2012), Luthfi Muhammad Iqbal (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan 2012), Rica Martyna (Teknik Lingkungan 2011), Sosiana Dwi (Arsitektur 2011), Ananto Indriya (Geodesi 2011) dan Muhammad Faishol Tanjung (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan 2012). Acara yang diikuti oleh 200 pemuda terpilih dari seluruh Indonesia ini merupakan sebuah program konferensi pemuda yang diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dengan tema, "Stand Up, Speak Up and Take Action."

Pada hari pertama dilangsungkan acara pembukaan di Gedung Merdeka, Bandung. Para peserta mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing untuk menunjukkan bahwa masih banyak pemuda Indonesia yang mencintai budaya asli Indonesia. Setelah itu dilanjutkan dengan pidato sekaligus pembukaan yang dilakukan oleh Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda. Di malam hari para peserta memulai sesi Focus Group Discussion (FGD) untuk mempresentasikan social project yang dimiliki oleh setiap peserta dari seluruh Indonesia.

Pada hari kedua, para peserta diberikan coaching clinic untuk lebih mengasah kemampuan mereka dalam merealisasikan social project yang dimilikinya. Ada empat pilihan coaching clinic yang diberikan oleh panitia yaitu: Youth Partnership, Youth and Enterpreunership, Youth and Social Movement, dan Creative Writing. Setelah coaching clinic selesai, peserta kembali melakukan FGD. Yang berbeda adalah pada sesi ini para peserta membicarakan isu-isu strategis yang berkenaan dengan Indonesia, diantaranya adalah Youth and Anti-Drug Movement, Youth and Health, Youth and Education, dan sebagainya. Pada malam hari para peserta mendapatkan materi dari Basuri Tjahaja Purnama (Bupati Belitung Timur) dan Elvyn Masasya (CEO Jamsostek) yang menceritakan pengalamannya sebagai pemimpin.

Memasuki hari ketiga para peserta mendapatkan kesempatan untuk melakukan penanaman pohon di daerah hutan kota Babakan Siliwangi, dilanjutkan dengan sharing bersama Microsoft Indonesia, AIESEC Indonesia, StudentxCEOs, AICT Indonesia, dan organisasi-organisasi lain yang berkaitan dengan dunia kepemudaan. Selain itu para peserta juga mendapatkan materi dari Bupati Wakatobi, Hugua, para peserta juga berkesempatan menyaksikan Creative Art di Gedung Indonesia Menggungat.

Acara IYF 2013 ditutup dengan flashmob dan pembagian 1000 susu di Car Free Day Dago, yang dilanjutkan dengan upacara penutupan dengan pagelaran kesenian yang diisi oleh penampilan dari Jebew (Teater SMAN 8 Bandung), pembacaan Youth Carter dan pidato penutupan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, KMRT Roy Suryo yang mengapresiasi penyelenggaraan acara ini. Tahun depan IYF akan diselenggarakan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.