ITB Career Center: Mempersiapkan Karirmu Lebih Baik

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mencari sebuah pekerjaan merupakan sebuah tantangan yang cukup besar bagi seorang lulusan sarjana, sehingga membutuhkan persiapan yang matang untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Untuk mempersiapkan lulusannya untuk bekerja maupun berwirausaha, ITB memiliki sebuah lembaga khusus bernama ITB Career Center. Career Center pertama dan paling tua di Indonesia ini awalnya hanya didirikan untuk membantu lulusan ITB dalam mencari kerja.

ITB Career Center memiliki berbagai macam layanan. Mulai dari informasi lowongan kerja, aplikasi karir online, tes untuk aplikasi kerja, rekrutmen kampus, mock up interview hingga yang sangat dikenal oleh para pencari kerja adalah Integrated Career Day yang diselenggarakan setahun dua kali. Layanan ITB Career Center ini dipandu oleh para profesional, salah satu contohnya adalah Career Counseling, yang dipandu oleh para psikolog. Career Counseling ini membantu mahasiswa maupun lulusan ITB untuk memilih karir seperti apa yang cocok untuk mereka.  Layanan ini diselenggarakan setiap minggu di hari kamis dan jumat.Sedangkan untuk merasakan bagaimana kondisi interview kerja anggota dapat mengikuti mock up interview.

Perubahan Besar di 2011

"Tepat pada akhir tahun 2011, ITB Career Center mulai berbenah diri dengan melakukan renovasi kantor, meningkatkan layanan dan manajemen kantor, hingga memanfaatkan media sosial untuk publikasi." ungkap Ales selaku staf rekrutmen.

Awal tahun 2012 perbedaan pada ITB Career Center sudah terasa, dengan lebih banyak berkomunikasi lewat media sosial digital seperti Twitter @ITBCareerCenter semakin dikenal oleh orang banyak. Tak hanya mahasiswa ITB yang mendaftar sebagai anggota, namun mahasiswa dari kampus lain juga. Bahkan dari beberapa daerah seperti Aceh dan Makassar. Menurut Ales terbukanya keanggotaan ITB Career Center bagi mahasiswa luar dikarenakan kebutuhan perusahaan yang bekerjasama beragam, dari mulai enjiner, akuntan hingga ahli hukum.

Tidak hanya mengurusi masalah lowongan kerja, ITB Career Center juga memiliki berbagai macam program wirausaha. Salah satu contohnya adalah Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Hal ini merupakan sebuah bentuk dukungan bagi lulusan ITB yang ingin menjadi entrepreneur. Selain itu, Career Center yang lahir tahun 1998 ini memiliki berbagai program seperti beasiswa dan program magang yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Hingga saat ini perusahaan yang tergabung dan memiliki kerjasama dengan ITB Career Center berjumlah sekitar 700 perusahaan. Tentunya dengan jumlah yang besar ini semakin banyak peluang pekerjaan yang disediakan per harinya. Di samping itu, ITB Career Center juga semakin mudah diakses, misalnya aplikasi kerja dapat dilakukan di depan layar komputer masing-masing.

Integrated Career Day yang Berbeda

Integrated Career Day atau Titian Karir Terpadu yang diselenggarakan oleh ITB Career Center terlihat berbeda dengan job fair yang umum. Dengan melibatkan elemen mahasiswa sebagai panitia, ITB Career Center menyajikan pencari kerja sisi yang berbeda. Menurut Ales melibatkan mahasiswa sebagai panitia memberikan tujuan pembelajaran bagaimana proses rekrutmen di perusahaan. Selain itu mahasiswa dapat belajar bagaimana berinteraksi langsung dengan staf dari perusahaan. Terakhir keterlibatan ini diharapkan dapat memberi pengalaman untuk mahasiswa.

Perbedaan lainnya adalah semakin tertibnya layanan ini dengan memanfaatkan teknologi seperti tiket online, sistem yang rapi dan publikasi yang lebih terperinci di media sosial. Terakhir Ales memiliki harapan agar pelayanan ITB Career Center menjadi semakin lebih baik dari waktu ke waktu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ITB Career Center dapat mengunjungi http://karir.itb.ac.id.


scan for download