Roadshow IEC 2013: Sebarkan Semangat Berwirausaha ke Seluruh Indonesia

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka mempublikasikan kegiatan ITB Entrepreneurship Challenge 2013 (IEC 2013) panitia IEC 2013 melakukan roadshow ke 14 universitas yang ada di beberapa kota besar di Indonesia. Roadshow ini dimulai pada Senin (03/09/12) di Universitas Islam Bandung dan diakhiri pada Jumat (04/01/13) di Universitas Hasanuddin dan Universitas Negeri Makassar.

IEC 2013 merupakan serangkaian kompetisi ide bisnis tingkat nasional dengan total hadiah 150 juta rupiah yang sebelumnya juga diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) pada tahun 2011. Namun tak hanya sekedar kompetisi ide bisnis saja, serangkaian acara IEC 2013 ini terdiri dari talk show, grand seminar, dan e-camp yaitu pelatihan entrepreneurship bagi 10 tim terbaik. Rangkaian acara ini akan berlangsung dari bulan Januari 2013 hingga April 2013.

"Karena IEC 2013 ini merupakan kompetisi tingkat nasional berskala besar, maka dirasa perlu untuk melakukan roadshow untuk memberikan informasi mengenai acara IEC 2013 ini ke universitas-universitas yang ada di Indonesia," ujar Muhammad Alifa Farhan (MRI 2010), ketua Divisi Roadshow IEC 2013.

Universitas yang berhasil dikunjungi oleh tim roadshow IEC 2013 adalah Universitas Islam Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Telkom, Universitas Bakrie, Universitas Parahyangan, Universitas Gunadharma, Universitas Padjajaran, Universitas Maranatha, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Makassar.

Bukan Sekedar Publikasi

Berdasarkan pemaparan ketua divisi roadshow IEC 2013, roadshow ini tak hanya dilaksanakan untuk mempublikasikan acara IEC 2013 tapi juga dilaksanakan untuk membangun relasi antara ITB dengan univeristas lainnya dan menyebarkan semangat kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk bersama-sama memberikan torehan nyata bagi kemajuan Indonesia melalui bidang kewirausahaan.

"Menurut Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, untuk menjadi negara yang maju, Indonesia membutuhkan 2% dari penduduknya untuk menjadi entrepreneur, sedangkan sekarang ini hanya 0,18% dari penduduk Indonesia yang berwirausaha," sambung Alif.

Untuk mencapai tujuan tersebut, tim roadshow IEC ITB juga menyelanggarakan talk show mengenai kewirausahaan yang mengundang pengusaha lokal yang telah sukses dan pemenang IEC 2011 untuk menjadi pembicara dan menginspirasi mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur. Talk show tersebut diselenggarakan di dua daerah yang dirasa memiliki tingkat peminat yang paling tinggi yaitu di daerah Jogjakarta tepatnya dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada dan daerah Surabaya yang diselenggarakan di Universitas Airlangga pada Sabtu (22/12/12).

"Diharapkan dengan diadakannya roadshow ini semangat berwirausaha untuk memperbaiki Indonesia tersebar ke seluruh Indonesia tak hanya ada di ITB saja, inginnya gerakan semangat berwirausaha ini menjadi satu gerakan bersama," tutup Alif.

 

Oleh: Shabrina Salsabila


scan for download