Berita / Utama

LPPM-ITB Pamerkan Ratusan Hasil Penelitian Senilai 8,85 Milyar

Muhammad Hanif - Sabtu, 1 Desember 2012, 00:48:43
BANDUNG, itb.ac.id - 177 hasil penelitian dari berbagai Kelompok Keahlian Program Studi di ITB dipamerkan di Aula Timur ITB pada Senin (26/11/2012). Pameran ini adalah bagian dari Seminar dan Pameran Hasil Penelitian Program Riset ITB 2012 yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB. Acara yang terbuka untuk pengunjung umum ini berlangsung mulai Senin hingga Selasa (26-27/11/2012).

Gelaran ini dibuka oleh Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, Ms. Selaku Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi peningkatan jumlah riset yang dilakukan ITB sampai saat ini. "Jumlah hasil penelitian yang terbanyak berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang nilai penelitiannya mencapai 2,35 milyar rupiah. Selanjutnya adalah Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) dengan nilai penelitian 1,1 milyar rupiah.

Untuk total dana penelitian yang diberikan ITB untuk seluruh penelitian ini menembus angka 8,85 Milyar Rupiah." jelasnya. Ajang tahunan LPPM kali ini dirancang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya digelar pameran hasil penelitan saja, pada tahun ini para pengunjung bisa mendapat penjelasan langsung dari para dosen peneliti melalui presentasi yang dilaksanakan pada Senin (26/11/12).

Tambah Wawasan Masyarakat

"Pengunjung yang ingin bertanya dan berdiskusi langsung dengan dosen-dosen peneliti bisa datang langsung hari Selasa karena masing-masing dosen akan hadir untuk menjelaskan hasil karyanya. Untuk dosen dari FMIPA, Sekolah Farmasi (SF) dan Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH) akan hadir dari pukul 10.30 hingga 12.00 dan dari fakultas lainnya akan hadir dari pukul 13.30 hingga 14.30. " terang Selvi, Kepala Sub-bagian Sistem Informasi LPPM.

Acara ini ditujukan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban dari pengelolaan dana penelitian yang diadakan di ITB kepada publik. "Selain itu, acara ini sangat baik untuk menambah wawasan mahasiswa dan dapat menjadi inspirasi untuk penelitian dan riset,  Tugas Akhir misalnya." ujar Selvi menutup wawancara.

Dokumen poster dan galeri dapat diakses di http://www.lppm.itb.ac.id/?p=3230

Sumber foto: LPPM-ITB

Oleh: Nabila F. Bunyamin [IJA 2012]