Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Lulusan Apoteker Semester II 2011/2012

Muhammad Fikri | Rabu, 3 Oktober 2012, 12:27:58 | Lihat foto berita ini
Sekolah Farmasi ITB 1BANDUNG, itb.ac.id - Sekolah Farmasi ITB melaksanakan prosesi Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker bagi 92 lulusan Program Profesi Apoteker Semester II tahun akademik 2011/2012. Bertempat di Aula Barat kampus ITB, prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Dekan Sekolah Farmasi, Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono,M.Sc. Rabu (03/10/12)Acara dimulai dengan pembukaan sidang oleh Dekan Sekolah Farmasi ITB. Hadir pula pada prosesi ini Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Organisasi Prof. Dr. Irawati, M.S., ketua Badan Pimpinan Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) diwakili oleh Ketua IAI Jawa Barat, Drs. Made Pasek Narendra, M.M., Apt., dan Direktur Bina Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Drs. Bayu Tejo, M.M.

Berbeda dengan prosesi yang dilaksanakan pada waktu sebelumnya, prosesi kali ini adalah yang pertama diselenggarakan dengan cara white coat ceremony, yakni pemasangan jas profesi apoteker oleh Dekan Sekolah Farmasi ITB dan Ketua IAI. Pemasangan jas profesi ini merupakan bentuk penyerataan profesi apoteker dengan profesi kesehatan lainnya seperti dokter dan tenaga medis. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengucapan sumpah apoteker dan pelantikan, serta penandatanganan sumpah dan penyerahan ijazah.

Penyerahan Penghargaan Lulusan dan Nilai Ujian Terbaik

Sekolah Farmasi ITB 2Pada prosesi ini juga diserahkan penghargaan kepada para lulusan berprestasi untuk masa pendidikan Oktober 2011 hingga September 2012. Penghargaan Dexa Award diberikan kepada Wiwin Winiarti, S. Farm., Apt., lulusan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi dari Program Studi Apoteker Peminatan Produksi dan Pengawasan Mutu yang diserahkan oleh wakil dari PT. Dexa Medica Group bersama dengan Dekan Sekolah Farmasi ITB.

Sedangkan Yositalida, S. Farm., Apt., lulusan dengan IPK tertinggi dari Program Studi Profesi Apoteker Peminatan Pelayanan Farmasi mendapatkan penghargaan Wardah Award yang diserahkan oleh wakil dari PT. Wardah bersama Dekan Sekolah Farmasi ITB.

Untuk penghargaan nilai tertinggi pada Ujian Apoteker Semester II tahun 2011/2012 diberikan kepada Ika Fitria, S. Farm., Apt. oleh Ketua Program Studi Profesi Apoteker bersama dengan Dekan Sekolah Farmasi ITB.

Pada kesempatan kali ini juga dilakukan penganugrahan penghargaan Moehammad Djoehana Wiradikarta, penghargaan yang diberikan kepada lulusan dengan IPK tertinggi pada program pendidikan tingkat sarjana Sekolah Farmasi tahun akademik 2011/2012.  Untuk penghargaan IPK tertinggi program studi Sains dan Teknologi Farmasi diberikan kepada Reswita Dery sedangkan untuk penghargaan IPK tertinggi program studi Farmasi Klinik dan Komunitas diberikan kepada Bernard Manuel.