Dua Tim Dari Sekolah Farmasi ITB Raih Juara di Kompetisi PIMFI 2011

Oleh Christanto

Editor -

SURABAYA, itb.ac.id - Sebanyak dua tim dari Sekolah Farmasi ITB berhasil meraih juara pertama dan ketiga dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (PIMFI) 2011 untuk kategori Lomba Produk Mahasiswa Farmasi (LPMF). Dua tim tersebut mengusung produk farmasi bertajuk "Slimming Jelly" dan "Papazim" dalam kompetisi berskala nasional yang diadakan di Universitas Airlangga, Surabaya, pada Selasa (19/07/11) kemarin.
Tim juara pertama yang beranggotakan Novian Pradipta, Isna Milka Yanuarti, Rafika Kultsum Fadillah, As Onima Caecilia Sirait, dan Gilang Putri Suryani mengusung produk "Slimming Jelly", yang merupakan produk farmasi herbal pelangsing tubuh dalam bentuk sediaan agar-agar yang siap dikonsumsi. Sebagai zat aktifnya, sediaan ini memanfaatkan kombinasi Guazuma ulmifolia (daun jati Belanda), Centella asiatica (pegagan), dan Ananas comosus (nanas) yang memiliki mekanisme melangsingkan tubuh yang berbeda-beda.

Sementara itu, tim lain yang juga meraih juara dalam kompetisi farmasi bergengsi tersebut diperkuat David, Gabriela Christy, Linda Agustina Surono, Yunika, dan Christanto. Mereka membuat sediaan multienzim herbal dalam bentuk sediaan granul. Uniknya, sediaan tersebut dibuat dengan memanfaatkan potensi buah dan getah dari Carica papaya (pepaya), serta dikombinasikan dengan prinsip efisiensi teknologi, yaitu hanya dengan menggunakan alat fluid bed dryer.

Inovasi untuk Menginspirasi

Novian Pradipta (Sains dan Teknologi Farmasi '08) mengaku senang dengan prestasi yang diraih ITB di PIMFI tahun ini. "Kemenangan ini merupakan salah satu alat untuk membuat kita lebih bisa berkreasi dan berinovasi lebih dalam terhadap suatu hal yang baru, sehingga menjadi pemacu kita agar lebih berkembang lagi," ujarnya.

Kesan yang sama juga ditunjukkan oleh David (Sains dan Teknologi Farmasi '09). "Senang dan kaget, karena kami masih berusia muda dan baru mendalami dunia farmasi seutuhnya selama satu tahun," ungkap David. Ia berharap mahasiswa farmasi dapat senantiasa memperkuat keilmuannya guna dikontribusikan kepada orang banyak.

Lolos Terbanyak

Sebelumnya, sebanyak empat tim dari ITB berhasil lolos ke babak final Kompetisi PIMFI 2011 untuk kategori Lomba Produk Mahasiswa Farmasi (LPMF). Jumlah ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan perguruan tinggi lain seperti UIN Alauddin Makassar, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan lainnya.

Adapun judul karya tim dari ITB yang berhasil lolos ke final Kompetisi PIMFI 2011 adalah:
  • Slimming Jelly: Solusi Herbal Pelangsing Alami Tubuh
  • Pendayagunaan Pepaya sebagai Sediaan Suplemen Multienzim Herbal
  • Lulur dengan Zat Aktif Carica papaya Hasil Fermentasi sebagai Agen Pemutih dan Penghambat Penuaan
  • Garlibetasol: Susu Kombinasi Bawang Putih sebagai Suplemen untuk Penderita Diabetes Melitus Tipe 2

scan for download