Berita / Utama

SEF ITB Raih Juara Pertama di NUEDC Regional

Fathir Ramadhan - Selasa, 3 Mei 2011, 19:46:23
BANDUNG, itb.ac.id-Student English Forum (SEF) ITB raih juara pertama, best speaker pertama, dan best speaker kedua pada National Universities English Debating Championship (NUEDC) regional Jawa Barat. Predikat juara pertama diraih setelah berlaga melawan Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Telkom, dan Institut Manajemen Telkom di babak final.

NUEDC merupakan kejuaraan debat bahasa Inggris tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Kejuaraan ini dilaksanakan dengan seleksi internal tingkat perguruan tinggi, dilanjutkan NUEDC regional, dan ditutup dengan NUEDC nasional. Finalis NUEDC akan mendapatkan sponsor dari Dikti untuk berpartisipasi pada World Universities Debating Championship (WUDC) 2012 di De La Salle University, Manila.

Diselenggarakan pada Selasa-Kamis (12-14/04/11) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas, NUEDC regional Jawa Barat dihadiri oleh 32 tim se-Jawa Barat. Delapan tim yang merupakan semifinalis NUEDC regional Jawa Barat mendapat kesempatan menghadiri NUEDC tingkat nasional.

Vincentius Dito Krista (Teknik Kimia 08) dan Rifan Ibnu Rahman (Sekolah Bisnis dan Manajemen 09) mewakili SEF ITB pada kejuaraan ini. Rifan meraih best speaker pertama, sedangkan Dito meraih best speaker kedua.

Raih Segudang Capaian Nasional

Selain pada kejuaraan ini, Rifan dan Dito telah banyak berpartisipasi pada kejuaraan debat bahasa Inggris nasional maupun internasional. Rifan meraih best speaker pada Indonesian Varsities English Debate (IVED) 2011 di Universitas Hasanuddin; meraih juara kedua pada Southeast Asian English Olympics (SEO) 2011 di Universitas Bina Nusantara; dan juara kedua pada National Debating Championship (NDC) 2011 di Universitas Padjadjaran.

Dito ditunjuk sebagai wakil ketua dewan juri (Deputy Chief Adjudicator) pada NDC 2011 dan Alsa National English Competition 2011 di Universitas Indonesia (UI), Depok. Deputy Chief Adjudicator merupakan individu berkompeten yang bertanggung jawab terhadap kualitas penjurian dan kualitas topik (motion) sepanjang turnamen debat berlangsung.

Rifan dan Dito juga berpartisipasi pada WUDC 2011 di Botswana University pada Januari 2011 lalu, Australasian Intervarsity Debating Championships 2009 di Monash University, dan Australasian Intervarsity Debating Championships 2010 di Auckland University.