Berita / Utama

Dua Mahasiswa ITB ikuti ASES India Regional Summit 2010

kikywikantari - Kamis, 28 Oktober 2010, 18:40:56
ASES IndiaBANDUNG, itb.ac.id - Dua orang delegasi ITB mengikuti  ASES INDIA REGIONAL SUMMIT 2010 pada tanggal 22-28 Agustus 2010 bertempat di Indian Institute of Technology Madras, India. Keberangkatan kedua delegasi: Mohammad Iqbal (Perencanaan Wilayah dan Kota) dan Alan Yudhahutama (Teknik Elektro), didukung oleh ITB dan Inkubator Industri dan Bisnis ITB.

 

Asia Pasific Entrepreneurship Society atau ASES merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang Entrepreneurship yang anggotanya merupakan student-entrepreneurs dari berbagai penjuru Asia-Pasifik dan Amerika. Bermarkas di Stanford University, California yang termasuk dalam jajaran Ivy League. Organisasi yang telah berumur lebih dari satu dekade Ini telah membuka Chapter di 14 Negara dan semuanya dikelola secara mandiri oleh para student-entrepreneurs dari puluhan Universitas.


ASES SUMMIT merupakan salah satu kegiatan besar tahunan yang dilaksanakan oleh ASES. ASES SUMMIT merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari discussion panel, seminar, workshop, pitching competition sampai pada kunjungan ke perusahaan-perusahaan mulai dari yang termasuk fortune 500 sampai start-ups. ASES SUMMIT mendatangkan delegasi student-entrepreneur dari negara-negara chapter ASES yang diseleksi dengan cukup ketat. Setiap tahun ASES menyelenggarakan dua kali SUMMIT, di Stanford University atau The Stanford Summit dan di salah satu negara yang terdapat ASES Chapter atau ASES REGIONAL SUMMIT.


Delegasi berasal dari student-entrepreneurs utusan universitas-universitas  dari berbagai negara regional Asia Pasific seperti Singapura (NUS), Australia (Maquarie), Taiwan (National Taiwan University), Jepang (Tokyo University), Indonesia (ITB), Malaysia (INTI) dan tentunya tuan rumah, India (IIT Madras, Bangalore, Chennai, MET, dsb) dengan total sekitar 50 peserta.
Kegiatan-kegiatan yang diikuti para peserta diantaranya adalah seminar dan workshop terkait entrepreneurship dengan tema-tema yang unik seperti ''Marketing to The Poor'', ''Rural Innovation'' sampai ''Venture Capital''. Seminar dan workshop ini diisi oleh para entrepreneur India mulai dari Kiruba Shankar (CEO Business Blogging, Director Wikipedia), Manoj Gupta (Nexus Venture Partner) sampai Vinod Dham yang merupakan mantan Vice President Intel dan disebut-sebut sebagai ''Father of Pentium''.


Kemudian, para delegasi mengunjungi pabrik Renault-Nissan di Chennai dan Markas Infosys di Bangalore. Selain seminar dan kunjungan perusahaan, peserta juga berkesempatan untuk saling mengenal satu sama lain pada Ekompetisi E-Pitch, dimana seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk bersaing dalam membuat sebuah business plan yang dipresentasikan. Banyak lagi pengalaman menarik yang didapat peserta seperti mengenal iklim bisnis dan ekonomi serta kultur di India.