Journey to Minangkabau: Menikmati Ranah Minang di ITB

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

Bandung, itb.ac.id - Unit Kesenian Minangkabau (UKM) ITB menyelenggarakan sebuah acara bertajuk "Journey to Minangkabau"  pada Minggu (25/04/10) di Boulevard Kampus ITB. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara Lustrum VII UKM ITB. Pameran pariwisata, pameran foto, panggung seni dan wisata kuliner menjadi isi dari acara ini. Para pengunjung baik dari dalam kampus maupun dalam kampus dimanjakan dengan sajian acara yang menarik dan tentunya khas dari Sumatera Barat.

Tari persembahan menjadi pembuka pada acara ini, tari yang dimainkan oleh sembilan orang ini memukau para pengunjung hingga banyak pengunjung yang mengambil foto dengan kamera mereka. Selanjutnya para penari tersebut menyambut Brian Yuliarto, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, untuk membuka acara "Journey to Minangkabau".

"Saya cukup kaget melihat acara ini, rupanya mahasiswa ITB yang memiliki beban akademis tinggi masih bisa membuat sebuah acara yang bagus seperti ini." ujar Brian Yuliarto dalam sambutannya.

Menyantap Jajanan Khas Minangkabau
Salah satu bagian dari acara ini adalah wisata kuliner. Kuliner yang disajikan dalam Journey to Minangkabau tentunya kuliner khas Minangkabau yang jarang ditemukan di Bandung seperti aneka lapek, karupuak kuah, es tebak, teh talua, hingga makanan lainnya. Wisata kuliner ini disusun dengan bentuk kedai yang mengelilingi boulevard.

 

Selain itu terdapat pula pameran foto dan pariwisata Minangkabau. Pameran foto dengan tema "Potret Pariwisata Seni, Budaya dan Alam Minangkabau sebagai Aset Nusantara" menampilkan foto-foto yang diambil dari ranah Minangkabau. Foto-foto ini merupakan hasil karya para pelajar dari Sumatera Barat yang dilombakan dalam lomba yang ada pada rangkaian acara Lustrum VII UKM ITB. Adapun pemenang lomba tersebut adalah :
1. Ibnu Muttaqin dengan fotonya "Manjapuik Marapulai"
2. Ade Rinaldi dengan foto "DAAAAA"
3. Ardi Junaidi dengan foto "Selamat Datang"

Seraya menikmati kuliner dan foto-foto , pengunjung pun dihibur dengan panggung seni yang menampilkan banyak kesenian daerah dari unit kegiatan mahasiswa lain. Unit kegiatan mahasiswa tersebut adalah KPA-ITB, MGG-ITB, PSTK-ITB, UKA-ITB dan REMI-PoltekTelkom. Semua unit ini tampil dengan bernuansa Minang, seperti KPA-ITB yang tampil membawakan lagu Ayam Den Lapeh, Kampuangan Jauh di Mato dan salah satu lagu Sunda yaitu Es Lilin.

Rangkaian acara lain yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat adalah Lomba Science Technology pada Kamis (29/04/10) dan puncak acara Lustrum VII berupa malam pagelaran di Sabuga ITB pada Sabtu (01/05/10). Tiket untuk acara puncak ini sudah bisa dibeli di UKM ITB ataupun stand di Boulevard.


scan for download