Kuliah Umum "Leading Change in Technology Company"

By habiburmuhaimin

Editor -

Pambudi HTBANDUNG, itb.ac.id - Change is not about what you know, it's about what you do. Sebagai Executive Vice President - Human Resources PT. Telkomsel, Pambudi HT Soenarsihanto menjelaskan betapa pentingnya perubahan terutama terkait bidang teknologi. Hal tersebut diutarakan Pambudi dalam Kuliah Umum Kapita Selekta Telekomunikasi: Leading Change in Technology Company, Kamis (08/04/10), di Auditorium Campus Center Timur ITB.
Dalam ajang berbagi pengalaman ini, Pambudi memaparkan tentang perubahan yang meluas dari latar belakang kebutuhan untuk berubah, hingga prinsip kepemimpinan. "The world has changed, diperlukan kemampuan untuk merespon perubahan tersebut," ujar ayah tiga orang anak itu. Kemudian, Pambudi menggambarkan kebutuhan untuk berubah dengan kasus revenue perusahaan telekomunikasi dari voice dan SMS yang cenderung turun. Untuk itu, perubahan diperlukan dengan men-diversivikasikan layanan, diantaranya menjadi content, musik, dan e-banking.

"64% perubahan gagal," ungkap Pambudi. Kegagalan akan menjadikan seseorang kalah atau bahkan menjadi pemenang. Solusi untuk menjadi pemenang adalah dengan leadership. "Lead yourself, lead your team, and lead your business," kata Pambudi.

"Akhirnya kuliah kapita selekta juga menawarkan kuliah yang dapat membantu kita sebagai mahasiswa dalam mengasah keterampilan dan softskill kita," ujar Rizqi, mahasiswa teknik telekomunikasi. Kuliah Kapita Selekta adalah mata kuliah Program Studi Teknik Telekomunikasi yang secara rutin mendatangkan pembicara dari kalangan praktisi telekomunikasi.

Pambudi HT Soenarsihanto

Sebagai praktisi bisnis, Pambudi berpengalaman di berbagai perusahan multinasional, diantaranya GEC Alsthom, Alcatel, Nokia, dan Telkomsel. Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Teknik Industri ITB ini juga pernah belajar, tinggal, dan bekerja di 42 negara dengan fokus utama di bidang Keteknikan, Manajemen Proyek, Sales, dan Human Resources.

"Setiap 3 tahun harus buat yang berbeda, learn something new. Investasikan 7-15% dari penghasilan in your own development, " ujar Pambudi membagi rahasia suksesnya.