Berita / Institusi

4icu : ITB Raih Peringkat 30 Dunia

habiburmuhaimin - Jumat, 2 April 2010, 23:29:09
BANDUNG, itb.ac.id - 4 International Colleges & Universities (4icu) telah melakukan review direktori web universitas dan colleges lebih dari 200 negara. Dari 9.200 Collages dan Universitas tersebar di seluruh dunia, ITB menduduki peringkat ke-30 "2010 World University Ranking" dan memperoleh peringkat 11 besar Asia.

4icu adalah mesin pencari pendidikan tinggi internasional yang melakukan review direktori web universitas. Peringkat web didasarkan pada algoritma yang terdiri dari tiga web metrics yang saling tidak terikat. Mesin pencari yang terlibat untuk menentukan kepopuleran web tersebut adalah Google Page Rank, Yahoo Inbound Links, dan Alexa Traffic Rank. Data dan Informasi setiap web akan di-update secara berkala setiap enam bulan sekali pada bulan Januari dan Juli.

Universitas dari Indonesia yang terlibat sebanyak 141 universitas. ITB menduduki peringkat pertama se-Indonesia, disusul Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November. Dalam skala ASEAN, ITB berada di peringkat kedua di belakang National University of Singapore, sedangkan di Asia, ITB menduduki peringkat 11. Lima besar Asia dimonopoli universitas dari China dan hanya menempatkan satu universitas asal Jepang di sepuluh besar. Sepuluh besar dunia masih didominasi universitas dari Amerika dengan MIT keluar sebagai pemenang.

Tujuan 4icu adalah menyediakan perkiraan peringkat kepopuleran dari Universitas di seluruh dunia berdasarkan kepopuleran web universitas. Oleh karena itu, 4icu tidak menandakan kualitas pendidikan yang akan menentukan peringkat akademik universitas terkait. Output yang didapat akan membantu mahasiswa internasional dan staf akademik mengerti seberapa populer suatu universitas di negara lain. Namun demikian, hasil yang dikeluarkan 4icu tersebut menandakan keberhasilan tim website ITB dalam mengembangkan website resmi ITB, www.itb.ac.id.