Berita / Utama

Seminar Kiat Sukses Menjadi Penulis Buku:

habiburmuhaimin - Jumat, 19 Februari 2010, 09:08:20
BANDUNG - itb.ac.id - Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung  bersama Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) menyelenggarakan seminar bertajuk "Kiat Sukses Menjadi Penulis Buku" pada Rabu (17/02/2010). Tampil sebagai pembicara, Ketua Masyarakat Literasi Indonesia (MLI), Suherman, M. Si., dan Marketing Manager Sagung Seto Jakarta, H. Miyoto, S. Psi."Menulis itu mudah!" Begitu Suherman mengawali pemaparan materi. Suherman menegaskan bahwa tidak ada kiat khusus yang diperlukan untuk menjadi seorang penulis selain banyak membaca dan terus berlatih. Dengan banyak berlatih maka proses penyempurnaan akan berjalan dengan sendirinya. "Tulislah apa yang Anda pikirkan, baru kemudian pikirkan apa yang Anda tulis," ujar beliau.

Hal yang tak kalah penting dalam penulisan, menurut Suherman, adalah kreativitas si penulis. Ia mengibaratkan menulis itu seperti membuat makanan yang semua bahan-bahannya telah tersedia.
"Menulis itu sebenarnya hanyalah menggabungkan berbagai informasi sesuai dengan tema yang telah ditentukan."

Lebih lanjut, beliau juga menyinggung bagaimana cara menggali ide agar bisa menghasilkan tulisan yang baik. Cara termudah untuk mendapatkan ide adalah dengan membaca media massa dan browsing internet.
Setelah ide muncul, langkah berikutnya adalah menentukan topik tulisan. Suherman menyarankan agar topik yang dipilih dalam tulisan adalah topik yang dikuasai, menarik minat baca, dan dapat ditunjang dengan referensi. "Akan sulit mengembangkan tulisan jika tidak ada bahan dan pengetahuan," jelasnya.Di samping itu semua, hal yang sangat perlu dimiliki oleh penulis adalah kliping. Selain menjadi sumber informasi, kliping juga bisa menjadi sumber inspirasi.

Dalam seminar ini, Suherman juga memaparkan keuntungan menjadi seorang penulis. Melalui tulisan, seseorang juga dapat menjadi pemimpin, karena modal pemimpin adalah pengetahuan dan kemampuan orasi. Tulisan pun dapat mengabadikan momen-momen dalam hidup. "Manusia mati meninggalkan tulisan, selain utang," seloroh beliau yang langsung disambut gelak tawa peserta seminar.

Sementara itu, Miyoto juga berbicara mengenai kiat-kiat penulisan, yang dirangkum dalam presentasi bertajuk "7 Kiat Sukses Menjadi Penulis Buku" (lihat artikel selanjutnya). Kiat-kiat tersebut diantaranya menetapkan segmentasi pasar, daya beli pasar, dan promosi. Acara seminar "Kiat Sukses Menulis Buku" yang terbuka untuk umum ini dihadiri oleh berbagai kalangan, dengan jumlah peserta hampir mencapai seratus orang.
 
Bagaimana, Anda tertarik menjadi penulis?
www.lib.itb.ac.id/~ena/sc