Baffest 2009: Mengangkat Arsitektur Urban dan Festival Kesenian dan Budaya

Oleh kikywikantari

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Dalam rangka mendukung jalannya rangkaian acara BAFFEST 2009 (Bandung Architecture Family Forum Festival), pada hari Senin (24/08/09) pukul 15.30-18.00 WIB bertempat di Galeri Arsitektur Labtek IXB ITB, Bandung Architecture Family Forum (disingkat BAFF-red) mengadakan pra acara berupa acara buka bersama sekaligus mendengarkan presentasi berjudul "Perayaan Masyarakat Urban; Kota dan Festival di Seluruh Dunia" yang dibawakan dengan santai dan menarik oleh M. Ridwan Kamil, pendiri BAFF yang juga merupakan staf pengajar di jurusan Arsitektur ITB.
Dalam presentasinya kali ini, Emil, panggilan akrab M. Ridwan Kamil, menyatakan bahwa sebagai masyarakat yang hidup di kota, kita memiliki sifat-sifat khusus yang tanpa disadari melekat pada kehidupan kita sehari-hari. "Anonim, Heterogen, Padat dan Sabar adalah syarat sifat-sifat yang harus dimiliki oleh masyarakat untuk dapat hidup di kota", ucap Emil.

Anonim berarti kita harus menyadari bahwa kita bukanlah siapa-siapa sehingga tidak ada perasaan sakit hati ketika kita diperlakukan sama dengan orang lain, padahal menurut kita, kita dapat diperlakukan lebih layak. Heterogen menunjukkan beragamnya suku dan adat yang ada di dalam suatu kota yang harus kita hormati demi kelancaran dan kerukunan hidup bersama. Padat diartikan sebagai kemampuan untuk bertahan di tengah kepadatan pemukiman kota yang akrab dengan polusi-polusi. Lalu, kesabaran adalah hal yang tak kalah penting yang harus dimiliki oleh masyarakat perkotaan untuk dapat bertahan di tengah krisis-krisis yang terjadi dalam kehidupan di kota.

Selain itu, Emil memberikan solusi untuk menjadikan sebuah kota indah dan dapat membuat masyarakatnya sejenak melupakan kejenuhan hidup di kota dengan mengadakan festival-festival seni dan budaya yang dapat diangkat dari kesenian dan kebudayaan lokal masayarakat kota Bandung. Beliau memberi contoh berupa gambar-gambar festival seni dan budaya di luar negeri dari seluruh dunia yang sangat menarik dan inspiratif.

Menyambut Baffest 2009

BAFF adalah keluarga masyarakat arsitektur Bandung yang ingin berinterfensi langsung dengan kotanya. tujuan didirikannya BAFF adalah untuk membangun jejaring positif diantara semua masyarakat arsitektur dan mewadahi ide-ide kreatif yang dapat meningkatkan kualitas kota Bandung.

BAFFEST merupakan festival arsitektural yang diadakan oleh BAFF tiap tahun yang terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti; Re-inventing Bandung dan Seminar Emerging Architecture & Urbanism. BAFFEST juga merupakan rangkaian dari acara HELARFEST yang diprakarsai oleh Bandung Creative City Forum (BCCF).

Re-inventing Bandung bertujuan menghasilkan gagasan berupa intervensi arsitektural yang mampu memperbaiki kondisi ruang-ruang yang hilang di Bandung dan mengupayakan atau menghasilkan ruang-ruang kota yang lebih bermakna. Agenda kegiatan Re-inventing Bandung akan diisi oleh presentasi, pameran karya, dan talkshow yang berupa presentasi dan diskusi dari peserta kegiatan. Sementara itu, Seminar Emerging Architecture & Urbanism akan mengulas pemikiran dan menampilkan karya-karya terpilih dari para arsitek dan perancang kota internasional dengan beragam perspektif dan pengalaman yang mendalam dalam merespon isu-isu kontekstual baik identitas, mutasi sosial, ekologi maupun urbanitas.

Melalui Baffest 2009, diharapkan mahasiswa-mahasiswa Arsitektur se-Bandung dapat berkordinasi dengan baik dan ikut berpartisipasi aktif dalam menyumbang ide dan mensosialisasikan acara kepada masyarakat kota Bandung dan sekitarnya.

scan for download