Berita / Utama

4 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu Dibawa Pulang ITB dari PIMNAS

niken - Jumat, 31 Juli 2009, 22:58:10
BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung berhasil meraih peringkat kedua Pekan IImiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXII yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, 21-24 Juli 2009. ITB berhasil mengumpulkan 4 medali emas, 2 perak, dan 4 medali perunggu.

Juara umum pimnas tahun ini dipegang oleh tuan rumah, Unibraw. Sementara itu, peringkat ketiga diduduki Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Ketua Kontingen ITB Nanang T. Puspito menuturkan, tahun lalu ITB hanya menang dalam satu kategori dari tujuh tim yang dikirim. Namun tahun ini, dari lima belas tim ITB yang lolos final, sepuluh di antaranya berhasil membawa ITB masuk tiga besar sekaligus mewakili Jawa Barat (Jabar).

Empat medali emas ITB dipersembahkan oleh tim dari Wakid Yuniarto, Taufik Rossal Sukma (dua medali), dan Widya Purnomowati. Dua medali perak diraih atas nama tim dari Nadia Fithrianhi dan Faizal Ammaddudin, sedangkan empat perunggu dikumpulkan tim dari Widya Purnomowati, Rinaldi Medali Rachman, Bentang Arif Budiman, dan M. Thamrin.

Sementara itu, meski tidak masuk dalam jajaran juara umum, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung juga berhasil membawa pulang satu medali emas untuk kategori pekan ilmiah mahasiswa penelitian. UPI yang tahun ini berhasil mengirim dua tim, mampu memenuhi target untuk bisa meraih emas.

PIMNAS tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta cukup tinggi, menjadi 119 perguruan tinggi. Dari Jabar selain ITB dan UPI, ada juga Universitas Padjadjaran Bandung, Politeknik Bandung, Institut Teknologi Telkom Bandung, dan Institut Pertanian Bogor.