Berita / Utama

Mahasiswa ITB Wakili Indonesia dalam Forum Diskusi Migrasi Internasional

kristiono - Kamis, 23 Juli 2009, 02:29:10
BANDUNG, itb.ac.id- Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB, Sofwan Hakim menjadi wakil Indonesia dalam 15th ASEF University di Woosuk University, Wanju, Jeonbuk Province, Republic of Korea, pada tanggal 29 Juni hingga 14 Juli 2009. The ASEF University merupakan program tahunan yang menawaran kesempatan kepada 45 mahasiswa Asia dan Eropa. Tahun ini, The Asia Europe Foundation University mengambil tema "Migration and Multicultural Socities: Opportunities and Challenges". Tema ini diambil karena migrasi merupakan permasalahan yang tengah terjadi di berbagai negara baik di Asia maupun Eropa.

Program yang merupakan hasil kerjasama dari Asia Europe Meeting dan European Union (EU) bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa terhadap isu internasional yang terjadi di Asia dan Eropa. Selama 14 hari, peserta bekerja sama, bertukar pikiran, berdiskusi, dan berkontribusi mengenai permasalahan yang terkait dengan migrasi dan masyarakat mulkikultural sehingga diharapkan menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi negara masing-masing.

Kegiatan ASEF University ke-15 mencakup konferensi, seminar, workshop, field trip serta pameran budaya. Seminar dan workshop yang dilaksanakan antara lain membahas sejarah migrasi, kondisi migrasi saat ini, dan peran media dalam isu migrasi.