Pembukaan Pendaftaraan Anggota Baru Corps Batalyon I/ITB Resimen Mahasiswa

By kikywikantari

Editor -

MahawarmanBANDUNG, itb.ac.id - Corps Batalyon I/ITB Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman merupakan Menwa tertua dan pelopor bagi berdirnya Menwa di tanah air, yang didirikan pada tanggal 20 maret 1965. Visi yang dianut oleh Batalyon I/ITB harus berfungsi sebagai "Resimen Tempur" namun dalam kondisi  damai (stabil) Batalyon I/ITB harus berfungsi sebagi  "Resimen Pendidikan." Untuk tahun ini, dibuka pendaftaran untuk anggota baru. Formulir dapat diambil dan dikembalikan ke markas Batalyon I di samping Gedung Serba Guna (GSG) ITB.
Istilah resimen pendidikan berarti Resimen Mahasiswa sebagai wadah dalam belajar  tentang bela Negara, nilai-nilai keprajuritan , latihan jadi pengikut, latihan kepemimpinan, dan tempat pengembangan organisasi bagi tiap anggotanya. Batalyon I/ITB juga berperan sebagai "Pengawal Almamater" yaitu berfungsi untuk membantu kelancaran terselenggaranya program perguruan tinggi sesuai dengan tridharma perguruan tinggi, dan membantu acara-acara yang dilakukan oleh ITB, seperti Penerimaan Mahasiswa Baru, Pameran, Pasar Seni ITB, Wisuda, dan Dies Natalis.

Batalyon I/ITB juga mengadakan seminar-seminar dengan topic-topik yang sedang hangat di kalangan mahasiswa ITB, seperti Seminar dan Pameran Teknologi Hankam (SPTH),  Seminar Entrepreneurship and Leadership, Peta Bakat, dan kegiatan umum lainnya. Serta Menwa juga ambil bagian dalam acara Bakti Sosial dan Bantuan Korban Bencana Alam.

Kegiatan Menwa dan kegiatan Akademik tidak saling bertentangan, hal ini dikarenakan tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar sesuai dengan bidang keahliannya. Nilai-nilai pendidikan yang didapat dalam pendidikan Menwa seperti disiplin waktu dan correct jika diimplementasikan dalam kehidupan nyata akan memberikan dampak positif. Lebih jauh lagi, semua manfaat yang didapat dari kegiatan Menwa bisa menjadi soft skills yang diperlukan seorang mahasiswa setelah mereka lulus dari kampus masing-masing dan menjalani pekerjaan/mata pencaharian.

Sudah banyak alumni yang membuktikan bahwa menjadi anggota Menwa yang aktif dapat menjadi salah satu aset kehidupan kelak. Alumni Batalyon I/ITB antara lain Arifin Panigoro (Pendiri MEDCO), Akhmad Bukhari Saleh (MEDCO), Budiono Kartohadiprojo (Direktur GATRA dan beberapa perusahaan), Fadel Muhammad (Gubernur Provinsi Gorontalo), Priyo Pribadi S.(Direktur Asosiasi Pertambangan Indonesia), Yunus Sitomorang (calon legislatif), dan masih banyak lagi.

Untuk itu, segeralah mendaftar menjadi anggota Menwa dan jadilah mahasiswa yang peduli dengan keamanan dan pertahanan Negara.