Berita / Utama

DIES EMAS ITB : Pemenang ITB Photo Hunting Contest 2009

kristiono - Senin, 16 Maret 2009, 11:54:43
BANDUNG, itb.ac.id - "Sebenarnya saya ikut lomba ini awalnya cuma ingin menyalurkan hobi, apalagi eventnya sangat langka, Dies Emas ITB. Eh ternyata malah menang, nggak rugi deh dibelain empat hari hunting foto", demikian Fathah NP, Mahasiswa Magister Teknologi Media Digital dan Game ITB, berkomentar tentang ITB Photo Hunting Contest (ITB PHC) 2009. Fathah NP bersama dengan Iwan Suminar dan Aisyah Nurahmah, merupakan tiga terbaik dari 57 peserta lomba.

Lima belas foto, diabadikan dengan kamera Nikon D40x, berhasil membuat tim juri yang terdiri dari Dosen ITB Dody Achmad (Kelompok Keahlian Komunikasi Visual & Multimedia), Wartawan Pikiran Rakyat Dudi Sugandi, dan Wartawan Detik Bandung Salomo Sihombing sepakat menetapkan mahasiswa STEI ini sebagai salah satu pemenang dari sembilan peserta yang masuk nominasi.  

ITB PHC 2009 merupakan jenis lomba foto bertema. Setiap peserta diberikan lima belas soal untuk dijawab masing-masing dengan satu foto. Hasilnya, setiap jawaban harus ditampilkan dalam blog. Setiap karya dinilai menurut kesesuaiannya dengan soal yang diberikan. Selain itu, aspek fotografi dan caption juga menjadi pertimbangan.

Fathah menyebut Tugu Soekarno yang diapit Labtek Benny Subianto dan Achmad Bakrie sebagai center point kampus ITB dan Dies Emas. Plaza Widya Nusantara dengan air mancurnya, merupakan gambaran Indonesia yang dikelilingi oleh ilmu yang dikembangkan di ITB. Gajah ITB dari bambu yang ikonik, serta banyak lagi. 

ITB PHC 2009 yang digelar 2 hingga 6 Maret 2009 di kampus ITB adalah bagian dari acara Pameran Inovasi IPTEKS ITB 2009. Kegiatan lomba foto terselenggara atas kerjasama Panitia Dies Emas ITB, Detik Bandung, Ikatan Alumni ITB dan majalah VERSUS.

Tiga peserta terbaik dalam lomba ini berhak atas Kamera Digital dari Ikatan Alumni ITB, Voucher berlangganan Majalah Versus, dan sertifikat, yang seyogyanya dapat diambil mulai hari ini, Senin 16 Maret 2009.