Pameran Fotografi : 100 X France

By kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Galeri Soemardja FSRD ITB, pada tanggal 17-23 Desember 2008, menjadi tempat gelaran fotografi bertajuk "100 X France". Pameran fotografi oleh kurator Sophie Schmit dari Museum Nasional Perancis ini menampilkan 100 foto karya fotografer nyentrik seperti Charles Negro, Gustave Gray, Eugene Delacroix dan Edgar Degas.
Setiap foto yang dipamerkan lengkap dengan teks singkat berisi sejarah pengambilan foto tersebut. karya fotografi tersebut, pada masanya, merupakan produk yang unik dan jarang dipamerkan. Karya yang dipamerkan menceritakan kisah yang dimulai sejak tahun 1839 di Paris dan berlanjut hingga konseptualisasi fenomena masa kini. Tema-tema yang diambil antara lain adalah kondisi kerajaan Perancis semasa pemerintahan Napoleon III (1852-1870), dirangkai dengan fotografi yang menggambarkan fenomena perkotaan, kondisi politik, dan sosial.

Salah satu foto yang dipamerkan menunjukkan pembangunan Menara Eiffel yang menjadi symbol romantisme Kota Paris. Menara besi nan menjulang (325 m) yang terletak di Camp de Mars ini dibangun antara tahun 1887-1889 sebagai pintu masuk pameran international "Exposition Universelle", guna memperingati seratus tahun revolusi Perancis. Icon Kota Paris karya Gustave Eiffel ini hingga tahun 2006 telah dikunjungi 200.000.000 orang dari seluruh belahan bumi.

Pameran yang terselenggara atas dukungan CCF Bandung dan Culture France ini dibuka gratis untuk umum selama jam kerja.