Tiga Tim Robotika ITB Melaju ke Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2007

By

Editor -

Bandung, itb.ac.id - Tiga tim robotika ITB lolos tahap II Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2007, yakni tim Predator, tim SCOUT, dan tim Futura. Tim Predator dan tim SCOUT berasal dari Program Studi Teknik Elektro ITB, sedangkan tim Futura berasal dari Program Studi Mesin ITB. KRCI 2007 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juni 2007 bertempat di Graha Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

KRCI merupakan kontes robot tingkat nasional yang menekankan pada aspek Artificial Intelligence. Robot-robot KRCI tersebut dinilai berdasarkan kemampuannya dalam mencari lokasi api, memadamkannya, dan menemukan lokasi boneka bayi (lampu kecil yang dianggap sebagai model korban) dalam ruangan dua tingkat yang bersekat-sekat, layaknya labirin.

Format aturan pertandingan dalam KRCI-2007 dipilih dari aturan kontes robot sejenis yang telah diselenggarakan secara teratur di negara maju yaitu Fire-Fighting Robot Contest yang diselenggarakan oleh Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat dan telah berlangsung lebih dari sebelas tahun. Tema KRCI 2007 ini yaitu ?Robot Cerdas Pemadam Api?. Dengan demikian pemenang dari Kontes Robot Cerdas ini berpeluang untuk mengikuti kontes serupa pada tahun 2008 di Amerika Serikat.
Tim Predator mengikuti kategori Expert, tim SCOUT mengikuti kategori Wheeled, dan tim Future mengikuti kategori Legged. KRCI 2007 dibagi dalam tiga Divisi, yaitu Divisi Expert, dan Divisi Senior yang meliputi Divisi Wheeled Robot, dan Divisi Legged Robot. Untuk Divisi Senior khusus dibatasi hanya untuk peserta mahasiswa, sedangkan Divisi Expert, terbuka untuk peserta mahasiswa maupun peserta umum.

Proses seleksi peserta KRCI dilakukan dalam dua tahap. Seleksi tahap I merupakan seleksi administratif berupa pengajuan proposal ke panitia pusat KRCI. Seleksi tahap II dilakukan melalui laporan kemajuan dan kunjungan (visitasi) ke lokasi masing-masing peserta. Dalam visitasi ini setiap calon peserta diharuskan untuk memaparkan perkembangan pembuatan robot yang meliputi rancangan mekanik robot, sistem kontrol robot, sensor dan rangkaian interface, dan algoritma perangkat lunak. Pada awalnya terdapat empat tim dari ITB yang lolos seleksi tahap I, namun disayangkan tim WS HME dari Eletkro tidak dapat melanjutkan ke seleksi tahap selanjutnya. Ketiga tim ITB yang lolos tahap II telah divisitasi oleh panitia KRCI pada 9 April 2007 kemarin
Pengumuman hasil visitasi akan diumumkan pada minggu ke-4 bulan April 2007 ini. Marilah kita dukung tim ITB di KRCI 2007, dan kita harapkan yang terbaik dari tim ITB.