23 Tahun Berdiri, Boulevard ITB Persembahkan BoulevardÂ’s Day

Oleh Yasmin Aruni

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Tepat pada 29 April 1993, Boulevard, sebuah unit kegiatan mahasiswa ITB di bidang jurnalistik dibentuk. Diinisiasi oleh himpunan-himpunan di ITB, Boulevard hadir untuk menyebarkan informasi yang bersifat netral dan objektif. Pada tahun ini, Boulevard ITB mempersembahkan "Boulevard's Day". Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (30/04/16) di Ruang Audiovisual Perpustakaan Pusat ITB ini merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Boulevard's Day.

M. Bahrul Ilmi (Teknik Arsitektur 2014), ketua panitia Boulevard's Day menjelaskan bahwa kegiatan dimulai dengan roadshow pada bulan Maret dengan agendanya berupa penyebaran pamflet ke semua himpunan di ITB dan dilanjutkan dengan sosialisasi lomba menulis artikel populer dengan batas pengumpulan tanggal 9 April 2016. Mengangkat tema "Isu Sosial Keprofesian", lomba ini berhasil menarik minat para mahasiswa ITB untuk turut berpartisipasi.

Acara utama terdiri atas dua sesi, sesi pertama merupakan pelatihan kepenulisan artikel populer yang dimulai pukul 09.00 WIB. Sebanyak 50 orang peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai himpunan terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Ditambah lagi, Budhiana Kartawijaya selaku Wakil Sekretaris Jendral Serikat Penjajahan Pers dan Kepala Pusat Data dan Riset Pikiran Rakyat hadir menjadi pembicara.  Beliau memaparkan dua materi, yaitu cara memprovokasi mahasiswa untuk menulis artikel populer dan teknik menulis artikel populer. Dengan  menerapkan metode "Keep It Simple and Short", Budhi meyakini bahwa artikel akan lebih mudah dipahami. "Tinggalkan kebiasaan menulis terlalu tebal (red: panjang) tapi nggak lugas," terang wartawan senior di Pikiran Rakyat tersebut.
Pemenang lomba menulis artikel popular diumumkan saat pertengahan acara dan Aditya Firman Ihsan (MA 2012) berhasil meraih posisi pertama setelah mengirim artikelnya yang berjudul "Matematika Mencari Makna: Kenyataan Buatan".

Pada sesi berikutnya, Pandu Hutagalung (Desain Produk 2012), redaktur artistik Boulevard 2014, memimpin workshop pembuatan majalah. Ia menjelaskan bahwa sebuah majalah harus membuat pembacanya merasa nyaman, mudah, dan menarik. Divisi artistik memiliki peran yang besar dalam hal ini. Di samping itu, mereka harus tetap memerhatikan keterkaitan antara isi artikel dengan desain majalah itu sendiri. 

Sebagai Pimpinan Boulevard periode 2015-2016, Nurina Maretha (Sains dan Teknologi Farmasi 2013), mengaku bahwa pelatihan ini baru dilaksanakan pada tahun 2016. Berkat dorongan pembinanya, Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A, Boulevard tergerak untuk merealisasikan pelatihan ini. Selain itu, banyaknya permintaan dari massa himpunan untuk mengadakan pelatihan juga membuat Boulevard semakin bersemangat di setiap langkahnya. Ketika ditanya mengenai harapan Boulevard di tahun ke-23nya, Nurina berharap Boulevard tetap konsisten dalam menyampaikan informasi dan tetap mengemas beritanya sesuai perkembangan zaman.

ITB Journalist Apprentice 2016

Sitti Mauludy Khairina (FTSL 2015)


scan for download