OGFEST 2013: Sabet Lima Penghargaan, ITB Kembali Harumkan Indonesia

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Beberapa mahasiswa ITB kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang internasional. Kali ini, ITB menjadi juara setelah meraih berbagai penghargaan di ajang Oil and Gas Festival (OGFEST) 2013 yang diadakan di Universitas Teknologi Malaysia pada Selasa sampai dengan Kamis (19-21/11/13). Ajang kompetisi yang menguji kemampuan dan wawasan para mahasiswa di bidang perminyakan dan gas tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai negara. Dalam ajang tersebut, ITB meraih penghargaan antara lain di bidang oil rig design, paper presentation contest, dan green photography contest. Secara keseluruhan, ITB berhasil meraih lima penghargaan.

OGFEST 2013 kali ini mengambil tema "Human Integrity, Empowering Technology & Enviromental Tranquility" yang sekaligus mencerminkan bagaimana kebutuhan industri minyak dan gas saat ini. Diharapkan festival ini mampu membuka pikiran dan menyadarkan mahasiswa akan kebutuhan akan pengembangkan teknologi baru untuk membentuk masa depan kita serta kebutuhan untuk mempertahankan lingkungan. Dalam ajang OGFEST ini juga ditekankan nilai dan peran dari setiap sivitas yang berperan dalam industri minyak dan gas dalam setiap kesempatan dan tantangan yang ada untuk senantiasa menjawab teknologi yang tepat. Adalah tanggung jawab setiap orang untuk mendidik generasi baru dengan menciptakan peluang dan media bagi para generasi baru tersebut untuk memaksimalkan kreatifitas dan menciptakan ide-ide teknologi baru.

Beberapa mahasiswa ITB tersebut mendapat dukungan langsung dari Society of Petroleum Engineers (SPE) ITB dan beberapa perusahaan dalam mendanai pengeluaran delegasinya. Pada bidang oil rig design, ITB berhasil merebut juara 1 (Grand Prize). Delegasi ITB diwakili oleh satu tim yang terdiri atas Aldia Syamsudhuha (Teknik Perminyakan 2010), Iqbal Tri Putra (Teknik Perminyakan 2010), Nelly Irmawati (Teknik Perminyakan 2010), dan Ronald Sukianto (Teknik Mesin 2010). Delegasi ITB berhasil mendesain sebuah jacket rig yang sangat ringan tetapi bisa menahan beban yang besar di atasnya.

Pada bidang paper presentation contest, delegasi ITB pun tidak kalah luar biasa. Tiga dari total empat gelar berhasil direbut oleh perwakilan ITB. Delegasi ITB berhasil meraih gelar Juara 2 (1st Runner Up) atas nama Muhamad Taufiq Hidayat (Teknik Perminyakan 2010) dan Juara 3 (2nd Runner Up) atas nama Farizal Hakiki (Teknik Perminyakan 2010). Tidak cukup sampai di situ, ITB juga menyabet gelar Best Paper Presenter yang diraih kembali oleh Muhamad Taufiq Hidayat. Dalam ajang tersebut, peserta dituntut untuk menawarkan solusi dan inovasi dari hasil penelitian yang bisa digunakan dalam mengatasi permasalahan teknis maupun ekonomi dalam industri minyak dan gas.

Dalam bidang green photography contest, ITB juga berhasil mencatatkan namanya di papan juara. ITB berhasil merebut Juara 1 (Grand Prize) atas nama Afif Rikza Arifina (Teknik Perminyakan 2010). Pada ajang tersebut, Rikza yang sangat menyukai kegiatan fotografi menampilkan dan mempresentasikan sebuah foto berjudul "Superman and The Pile of Garbage". Presentasi luar biasa ditampilkan oleh Rikza yang bercerita tentang salah satu permasalahan sampah di Kota Bandung berkaitan dengan pemanfaatan energi.

Selain mengikuti kompetisi, para perwakilan ITB juga mengikuti berbagai rangkaian acara lain yang telah disiapkan oleh panitia OGFEST 2013, seperti Benchmarking SPE , Oil and Gas Industry Exhibition, Industrial Training, BBQ Night, dan gathering. Ada satu hal menarik yang terjadi saat proses Closing Ceremony OGFEST 2013. Para delegasi ITB berkumpul dan meneriakkan Salam Ganesha dengan lantang yang kemudian diiringi dengan standing applause dari para peserta dari negara-negara lain di dalam gedung. Dari kegiatan ini, delegasi ITB akan terus berjuang untuk terus mencari solusi dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata dengan keyakinan dapat mengatasi berbagai macam permasalahan bangsa, khususnya dalam bidang energi.


scan for download