Berita / Utama

Profil Singkat Sepuluh Bakal Calon Rektor ITB Periode 2010-2014

alitdewanto - Rabu, 16 September 2009, 18:36:11
BANDUNG ,itb.ac.id- Sepuluh nama telah ditetapkan sebagai Bakal Calon Rektor ITB Periode 2010-2014 oleh Majelis Wali Amanat (MWA) ITB berdasarkan Sidang Pleno MWA pada Sabtu (12/09/09). Kesepuluh nama tersebut berasal dari lingkungan ITB sendiri yang tersebar dari tujuh fakultas. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) menjadi penyumbang nama terbanyak dengan tiga bakal calon, diikuti dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dengan dua calon. Lainnya yakni, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), masing-masing meloloskan satu wakilnya.Sebanyak tiga bakal calon telah berstatus guru besar dan lima lainnya sedang dalam proses menjadi guru besar. Ditilik dari segi pengalaman, kesepuluh nama tersebut pernah menjabat setingkat Wakil Rektor/Dekan, satu nama pernah menjadi pemimpin universitas, dan dua nama pernah mencapai level setingkat dirjen di pemerintahan. Usia bakal calon berada pada rentang 45-57 tahun.

Bakal calon dari FTSL diantaranya Adang Surahman, Indra Djati Sidi, dan Rizal Z. Tamin. Adang, saat ini, menjabat sebagai Wakil Rektor Senior ITB Bidang Akademik. Dosen Teknik Sipil ini meraih gelar doktornya di Lehigh University USA untuk studi Teknik Sipil pada tahun 1984. Sedangkan Indra memiliki pengalaman sebagai Ketua Dewan Pembina Klub Guru Indonesia dan meraih gelar doktor pada tahun 1986 dari University of lllinois di Urbana-Champaign,lllinois USA dengan mengambil jurusan Teknik Sipil. Sama dengan dua rekannya, Rizal juga merupakan dosen program studi Teknik Sipil. Saat ini, Rizal tercatat sebagai Anggota Majelis Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPKJN).

Sedangkan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) meloloskan Isnuwardianto dan Suhono Harso Supangkat. Isnuwardianto merupakan satu-satunya nama yang berpengalaman menjabat sebagai Rektor. Peraih gelar doktor dari Ecole Centrale de Lyon - Prancis ini memimpin Institut Teknologi Indonesia, selain sebagai Komisaris Perusahan Listrik Negara (PLN). Sedangkan, Suhono berkecimpung sebagai Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Industri ITB serta Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika. Bakal calon termuda ini meraih gelar doktor dari University of Electro Communications,Tokyo,Japan.

Dua dekan pun turut ditetapkan sebagai bakal calon. Mereka ialah Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Akhmaloka dan Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Intan Ahmad. Akhmaloka meraih gelar doktoral di University of Kent at Canterbury, England, sedangkan Intan dari University of Illinois at Urbana Champaign, Illinois, USA.

Nama pejabat ITB lainnya yang lolos ialah Deny Juanda Puradimaja, Ketua Satuan Penjaminan Mutu ITB. Peraih gelar doktoral dari Universite Montpellier ll-Perancis juga tercatat sebagai Ketua Kelompok Keilmuan Geologi Terapan, FITB dan Kepala Bappeda Jawa Barat (co-assignment). Adapula, Ichsan Setya Putra yang sekarang menjabat sebagai Direktur Pendidikan ITB. Dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB mendapat gelar doktor dari Delft University of Technology untuk bidang Aeronotika. Nama terakhir ialah Irwandy Arif. Selain menjadi Dosen FTTM, peraih gelar doktor Ecole des Mines de Nancy France ini menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI).

Situs terkait: http://www.rektorkita.itb.ac.id/bakalcalon