Unjuk Kreativitas di Pameran TPB FSRD ITB 2008

Oleh kikywikantari

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pameran TPB (Tahap Pembelajaran Bersama) FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB 2008 diadakan pada tanggal 2-3 Juni 2009 pukul 09.00-16.00 WIB di Gedung Serbaguna ITB. Pameran ini bertujuan untuk memperlihatkan proses berkarya para mahasiswa TPB FSRD angkatan 2008 selama satu setengah semester dan sebagai salah satu sarana pemilihan program studi melalui karya-karya yang diciptakan oleh para mahasiswa TPB FSRD serta mencoba kemampuan dalam mengadakan pameran. Melalui pameran ini juga diperkenalkan kegiatan perkuliahan tahun pertama  di FSRD ITB bagi para pelajar SMA yang berminat melanjutkan pendidikan  ke FSRD ITB.

Masing-masing mahasiswa TPB memiliki satu kapling yang terdiri dari satu meja display untuk meletakkan karya-karya nirmana tiga dimensi dan sepasang dinding partisi ruang untuk menempelkan  karya-karya nirmana dua dimensi mereka. Yang ditampilkan merupakan nilai-nilai terbaik yang mereka raih selama kuliah di tahun pertama.

Jenis karya yang ditampilkan beragam. Terdapat nirmana dua dimensi berupa studi komposisi warna dan ruang, komposisi batik dan transformasi bentuk. Semua karya nirmana dua dimensi dikerjakan manual dengan kuas dan cat poster atau tinta cina. Permainan warna dan komposisi bentuk yang menarik membuat pengunjung bertanya-tanya mengenai proses pengerjaannya yang sangat membutuhkan kesabaran, kerapihan dan ketelitian.

Terdapat pula gambar-gambar dengan nilai tertinggi yang dipajang di kapling masing-masing mahasiswa, seperti: gambar anatomi manusia, hewan, perspektif dan ekspresi wajah manusia. Tidak hanya menggunakan pensil, mereka juga menggunakan tinta pulpen untuk menggambar dan mengarsir. Melalui kuliah gambar inilah mereka mempelajari tarikan-tarikan garis yang akhirnya akan membentuk karakter tarikan garis dan sudut pandang gambar mereka.

Sementara itu, nirmana tiga dimensi yang mereka buat menggunakan berbagai macam bahan, mulai dari kawat, sedotan plastik, kertas konstruk hingga mix media berupa bermacam-macam barang yang digabung dan dicat menjadi satu warna. Semua nirmana dua dan tiga dimensi harus melalui proses asistensi dosen terlebih dahulu sehingga hasil akhirnya maksimal dan sukses menarik perhatian pengunjung.

Selain pameran, diadakan pula talkshow berjudul "Siapa Takut? Siapa Berani?" pada hari Rabu (03/06/09) pukul 09.00-11.00 WIB di GSG ITB dengan pembicara Prof. Dr. Primaldi Tabrani, Albert Yonathan, dan Ernaldo Tadya Girardi.
Melalui pameran ini, semakin terbukti bahwa FSRD selalu menjadi fakultas yang mewarnai kehidupan kampus ITB yang identik dengan manusia-manusia eksaktanya.


scan for download