Training & Simulasi Mind Mapping

Oleh

Editor -

Bandung, itb.ac.id – Strategi Sukses Di Kampus (SSDK) merupakan sebuah unit yang baru saja melaunching pembentukannya pada acara “Training & Simulasi Mind Mapping” yang diadakan di Aula Barat ITB pada hari sabtu (17/3) pukul 08.00 hingga pukul 13.00 siang ini. Acara yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan dengan teknik pemecahan pikiran ini diselenggarakan oleh unit SSDK dan Direktorat Pendidikan Institut Teknologi Bandung.

SSDK kali ini menghadirkan pembicara Bpk. Khairul Ummah , ST, MT, dosen Teknik Penerbangan ITB yang baru-baru ini meluncurkan buku yang diberi judul “SEPIA”, dimana SEPIA merupakan akronim dari integrasi lima kecerdasan manusia yaitu spirit (SQ), emosi (EQ), power (PQ), intelektual (IQ) dan aspirasi (AQ) yang saling berhubungan dalam mempengaruhi kesuksesan individu. Peserta yang hadir pada acara ini kebanyakan mahasiswa TPB dan perwakilan dari unit di ITB namun mahasiswa dari universitas lain juga terlihat turut hadir dalam acara ini.

“Banyak orang berprinsip belajar tekun dan lama akan berhasil, namun sesungguhnya ada salah satu strategi belajar dengan menggunakan mind mapping yang walaupun singkat namun manfaatnya besar”, tutur Bpk. Khairul Ummah dalam trainingnya kali ini. Menurut beliau sukses yang dicapai tidak cukup hanya IQ & EQ namun membutuhkan integrasi 3 kecerdasan manusia yang lain (SQ,PQ & AQ). Beliau juga berharap agar acara ini dapat dijadikan program wajib ITB kedepannya karena dapat membantu kesulitan mahasiswa dalam permasalahan akademis. Acara ini dilanjutkan dengan simulasi membuat mind mapping yang diikuti oleh peserta dengan membentuk kelompok-kelompok yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi tiap kelompok mengenai hasil simulasi. Acara diakhiri dengan launching unit SSDK.

Acara ini merupakan kelanjutan dari rangkaian acara yang diadakan sebelumnya antara lain “Cara Sukses Belajar Kimia” pada (07/3) dengan pembicara Dr. Ismunandar, “Cara Sukses Belajar Kalkulus” pada (14/3) dengan pembicara Prof. Hendra Gunawan. Rangkaian SSDK akan ditutup dengan “Cara Sukses Belajar Fisika” pada (24/3) dengan pembicara Rizal Kurniadi, S.Si, Ms. Training.

scan for download