The USIPP Consortium, ITB Menjadi Salah Satu Wakil Perguruan Tinggi Indonesia

Oleh Ninik Susadi Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Senin-Rabu (16-18/06/2014) bertempat di Universitas Gadjah Mada, perwakilan ITB bersama dengan 60 pendidik dan administrator dari Amerika Serikat dan Indonesia mengikuti United States Indonesia Partnership Program (USIPP) Consortium Workshop. Lokakarya ini diadakan untuk mengembangkan kemitraan penelitian, mengeksplorasi potensi daerah, serta memulai lingkungan yang berkelanjutan untuk membentuk masyarakat yang tangguh.

USIPP Consortium ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2013 yang terdiri dari 6 perguruan tinggi di Indonesia dan 6 lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Dua belas perguruan tinggi tersebut berkomitmen untuk memajukan akademik di AS dan Indonesia. USIPP Consortium ini juga adalah hasil hibah dari Departemen Luar Negeri AS dan Biro Educational and Cultural Affairs (ECA) yang telah mendanai program kerja sama yang diberikan oleh Institute of International Education (IIE) dari 2010-2012. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan mahasiswa AS yang belajar ke luar negeri salah satunya Indonesia, sekaligus untuk mendorong kemitraan jangka panjang antara lembaga pendidikan tinggi AS dan Indonesia. Melalui program ini, 37 mahasiswa Amerika dengan 6 orang dosen Amerika belajar di Indonesia.

Dengan kegiatan ini diharapkan bahwa semua lembaga pendidikan tinggi yang terlibat berkeyakinan penuh dapat menjalankan kerja sama dengan baik dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dan masyarakat yang tangguh. Dalam pelaksanaannya, terdapat sub-tema yang berkaitan dengan lingkungan yang berkelanjutan antara lain eco-art, biologi kelautan dan keanekaragaman hayati, dan urbanisme. Sedangkan dalam membangun masyarakat yang tangguh diantaranya adalah dengan mengurangi dan manajemen risiko bencana alam, studi lintas budaya, demokrasi serta pluralisme agama. Para peserta lokakarya akan diberikan waktu untuk mendiskusikan hal-hal tersebut dengan membuat proposal penelitian dan program baru yang nantinya akan memunculkan suatu konsep baru.
Hubungan akademik AS - Indonesia meningkat sejak Presiden AS dan Presiden RI mengumumkan Compehensive Partnership antara kedua negara pada tahun 2010 yang berfokus pada bidang pendidikan. USIPP Consortium merupakan komitmen yang kuat dari sektor pendidikan tinggi kedua negara dalam menindaklanjuti hubungan serta komitmen dalam meningkatkan pendidikan.  

Sumber Foto : iie.org


scan for download