The 7th IICIES 2015: Kembangkan Potensi Indonesia dalam Bidang Kewirausahaan, Inovasi, dan Bisnis

Oleh Yasmin Aruni

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada tanggal 31 Desember 2015, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berlaku secara resmi. Hal ini akan menghilangkan batas antar negara sehingga persaingan antara para penyedia barang dan jasa akan semakin ketat. Sebagai sebuah negara dengan penduduk lebih dari 240 juta jiwa, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pemain utama di MEA, namun akan diperlukan sebuah komitmen untuk mewujudkannya. Pusat Inovasi, Kewirausahaan dan Kepemimpinan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB (SBM ITB CIEL) turut berkontribusi untuk mengembangkan potensi Indonesia dalam dunia kewirausahaan, inovasi dan bisnis dalam rangka untuk bersaing secara internasional dengan mengadakan International Conference in Innovation, Entrepreneurship and Small Business (IICIES)  ke-7 pada Selasa - Kamis (04-06/08/15) yang bertempat di Hotel H Clarity Bandung.

Dalam konferensi tersebut, CIEL SBM ITB menghadirkan 8 (delapan) pembicara dari berbagai negara, termasuk Soobrian Lloyd (Profesor Berkeley College Amerika Serikat), Shivaji Das (Senior Vice President Frost & Sullivan Singapura), dan Kazuhiro Fukuyo (Guru Besar Yamaguchi University Jepang).

"IICIES merupakan media bagi para peneliti, akademisi dan praktisi untuk berkolaborasi dalam mengembangkan inovatif, kewirausahaan dan pertumbuhan usaha kecil dan menengah melalui publikasi karya-karya mereka, seminar inspirasi, pelatihan yang tepat, dan diskusi ilmiah," tutur Dwi Larso selaku Ketua IICIES.

Saat ini, terdapat sekitar 50 juta wiraswasta di Indonesia tapi 95-99% termasuk dalam kategori kecil dan informal mikro. Dwi menambahkan bahwa unit usaha kecil ini merupakan "pahlawan" karena dapat menyokong diri sendiri secara independen tanpa menjadi beban bagi pemerintah. Di sisi lain, bisnis sulit berkembang sehingga mereka membutuhkan bantuan dan bimbingan untuk dapat bertahan dan berkembang.

Dengan diadakannya IICIES secara rutin setiap tahun, diharapkan bahwa persentase unit bisnis berukuran kecil dapat berkurang dengan membantu meningkatkan kapasitas unit bisnis kecil menjadi berukuran sedang atau besar. 

Sumber berita: http://www.sbm.itb.ac.id/iicies-promotes-entrepreneurship-development.html





scan for download