STKSR 2014: Kembangkan Teknologi Pemrosesan Mineral dan Material

Oleh Bangkit Dana Setiawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Kamis-Jumat (30-31/10/14) bertempat di Gedung Aula Timur ITB, Departemen Teknik Kimia ITB menyelenggarakan International Seminar on Chemical Engineering bersamaan dengan Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo (STKSR) 2014. Pada tahun ini, tema yang diangkat pada STKSR ini adalah Chemical Engineering in Minerals and Materials Processing for Sustainable Development. Pembicara yang menyampaikan materi dalam STKSR 2014 ini berasal dari berbagai kalangan, yakni akademisi, industri serta pemerintahan.

Tujuan dari STKSR 2014 ini adalah untuk membentuk sinergi yang komprehensif diiantara beberapa aspek dalam terus berkomitmen untuk memajukan dunia research and development. Selain itu untuk menjalin hubungan baik antara sesama peneliti khususnya dalam bidang teknik kimia. Melalui seminar internasional ini, diharapkan dapat memberikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai isu dalam minerals and materials processing ini.

Terdapat dua sesi utama dalam STKSR ini, yakni plenary session dan parallel session. Dalam plenary session, pembicara menyampaikan materi sesuai tema dan keahliannya masing-masing.  Plenary session yang pertama berbicara mengenai sustainable mineral processing yang disampaikan oleh Prof. Geoffrey Brooks dan Prof M. Akbar Rhamdhani dari Swiburne University of Technology. Kemudian dilanjutkan dengan sesi dua mengenai overcome the challenges in Indonesia's minerals and materials processing industry yang disampaikan oleh perwakilan dari Direktorat Jenderal Minerba, PT ANTAM, Freeport Indonesia, PT Newmont Nusa Tenggara dan Direct Nickel. Plenary session ditutup melalui sesi 3 pada hari kedua dengan tema the advancement of ehemical engineering technology dengan pembicaranya adalah Prof. Ka Ming N dari Hong Kong University of Science  and Technology, Dr. Wuled Lenggono dari Tokyo University of Agriculture and Technology, serta Prof. Dr. Manabu Miyamoto sebagai perwakilan dari Gifu University.

Berbeda dengan parallel session yang berisi diskusi dan pemaparan mengenai topik-topik penelitian dengan tema yang berbeda-beda. Pada STKSR 2014 ini, parallel session ini dibagi ke dalam sebelas tema, yakni advanced material, industri, material processing, mineral processing, material refining, material recovery, material recovery, nanoparticle, nanotechnology, polymer, dan others. Bukan hanya dari kalangan dosen maupun profesional yang mempersentasikan paper tersebut. Beberapa mahasiswa juga ikut terlibat langsung dalam sesi paralel ini untuk mempresentasikan hasil penelitiannya masing-masing.

 

Sumbere Gambar: Dokumentasi Panitia


scan for download