Siapkan Diri Hadapi Dunia Kerja: Mahasiswa-Mahasiswi ITB Ikuti Kegiatan Brand U Day

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dunia kerja merupakan salah satu fase yang akan dilalui mahasiswa setelah dinyatakan lulus setelah menumpuh pendidikan di perguruan tinggi. Dunia kerja memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan ketika mahasiswa duduk di bangku kuliah. Banyak kemampuan dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang calon pekerja sehingga tak jarang mahasiswa kesulitan untuk menyesuaikan diri dan memenuhi tuntutan dunia kerja. Persaingan dunia kerja saat ini yang sangat ketat ditambah dengan dibukanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun 2015 dimana akan tercipta arus tenaga kerja secara bebas di Asia Tenggara menambah suasana kompetisi untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan semakin kental. Kunci dari semua masalah diatas adalah persiapan dan pembekalan diri yang matang dalam menghadapi dunia kerja. Salah satu kegiatan di ITB yang mendukung tercapainya hal tersebut adalah "Brand U Day" yang diselenggarkan pada hari Sabtu-Minggu (03-04/10/15) oleh PT Paragon berkerjasama dengan ITB Career Center.

Kegiatan ini mengambil tema "Personal Branding for Planning Your Career" dengan dua mata acara yaitu Psikotes dan Career Seminar. Menurut Sabrina Salsabila (Alumni Manajemen Rekayasa Industri 2010) selaku staff HRD PT Paragon yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini, "tujuan diadakan kegiatan ini, kami ingin mahasiswa-mahasiswi ITB mengenal lebih jauh mengenai diri mereka masing-masing, mengenalkan pentingnya passion dan personal branding dalam upaya meningkatkan performance mereka di dunia karir nantinya". Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa yang sedang duduk di tingkat tiga dan tingkat akhir.


Psikotes diadakan pada hari Sabtu (03/10/15) di Ruang 9211 (GKU Timur) dari pukul 08.00-10.3008.00-10.30 WIB untuk kloter pertama dan pukul 10.30-13.00 WIB untuk kloter kedua. Total peserta kegiatan psikotes ini berjumlah 140 mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di ITB. Untuk kegiatan Career Seminar, dihadirkan Rene Suhardono dan Salman Subakat (Marketing Director of Paragon Technology and Inovation). Career Seminar diadakan di Aula Barat ITB pada hari Minggu (04/10/15) pada pukul  08.00-12.0008.00-12.00 WIB dan dihadiri sekitar 200 mahasiswa ITB. Setelah kegiatan Career Seminar, dilanjutkan dengan kegiatan feedback dan konsultasi dari hasil psikotes yang diberikan oleh psikolog-psikolog PT Paragon.


Kegiatan Career Seminar dibuka oleh sambutan dari Ketua ITB Career Center Bambang Setiabudi, "Banyak calon pekerja yang masih kurang percaya diri dan belum tahu tujuan kedepannya akan kemana serta belum tahu betul tentang dirinya sendiri". Rene Suhardono merupakan seorang motivator yang telah dikenal khalayak luas, menyatakan bahwa motivasi dan passion merupakan sesuatu hal yang penting, motivasi merupakan alasan untuk bertindak dan passion is performance. Sesorang yang ingin sukses dalam dunia karir harus tahu passion dan misi dalam hidupnya dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai yang telah direncanakan.

You'll need Skype CreditFree via Skype

scan for download