Seminar Sosialisasi Program Internasional untuk Mahasiswa Indonesia dari Tokyo Tech University

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Tokyo Institute of Technology, Jepang mengadakan Tokyo Tech Seminar 2011 in Indonesia, untuk para dosen serta mahasiswa sarjana dan pascasarjana di pada Kamis (17/11/11) di Gedung TP. Rachmat, ITB. Dalam seminar ini, pihak Tokyo Tech melakukan sosialisasi program-program internasional yang akan dibuka kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia beberapa waktu mendatang. Selain itu juga terdapat sejumlah civitas akademika ITB, baik alumni maupun mahasiswa, yang berbagi kepada audiens mengenai pengalamannya mengikuti program-program yang diadakan oleh Tokyo Tech.

Seminar ini disampaikan oleh perwakilan kantor internasional dari Tokyo Tech, Prof. Nobuo Fuji, dan staf Saori Fuse. Dalam seminar ini disebutkan bahwa mahasiswa dari Indonesia merupakan salah satu kumpulan mahasiswa terbanyak yang menuntut ilmu di universitas yang terletak di Tokyo ini. Oleh karena itu, Tokyo Tech berniat untuk terus menambah jumlah mahasiswa Indonesia untuk kampusnya yang saat ini telah memiliki lebih dari 1200 mahasiswa asing ini.

Program-program yang ditawarkan antara lain International Graduate Program (IGP), Young Scientist Exchange Program (YSEP), Academic Cooperation Agreement Program (ACAP), dan Japan Young Scientist and Engineer Study Visit (JAYSES). Program IGP dibuka untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang master di Tokyo Tech. Terdapat juga program terintegrasi antara progam master dan doktor yang dapat ditempuh sekaligus dalam jangka waktu 5 tahun. Selain itu juga terdapat program pertukaran mahasiswa dalam jangka waktu yang variatif, antara 3 bulan hingga 1 tahun, baik untuk mengenal Jepang dan teknologinya (YSEP for Experiencing Japan dan JAYSES) maupun yang berfokus kepada penelitian/riset (YSEP Focused on Research dan ACAP).

Rizvan (alumnus Teknik Elektro 2006) menceritakan pengalamannya mengikuti YSEP selama 1 tahun di Tokyo Tech, "Atmosfernya menyenangkan." Rizvan mengaku senang dapat melakukan riset dengan instrumentasi mutakhir yang terdapat di Tokyo Tech dan keramahan para penghuni laboratorium yang sama dengannya, "Sering sekali ada acara keluar bersama-sama." Hal senada juga diungkapkan oleh alumnus YSEP lain yang ada di ruangan.

ITB merupakan salah satu institusi di Indonesia yang paling banyak mengirimkan mahasiswanya dalam berbagai program yang diadakan oleh Tokyo Tech, seperti YSEP maupun JAYSES. September lalu ITB mengirimkan 4 orang mahasiswa untuk program JAYSES 2011 dan merupakan jumlah delegasi terbesar dari Indonesia.

scan for download