Seminar Sehari Bersama GIFT Postech-FTTM ITB mengenai Teknologi Pembuatan Besi dan Baja

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Graduate Institute for Ferrous Technology (GIFT) dari Pohang University of Science and Technology (POSTECH) bersama dengan Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB mengadakan seminar sehari bersama dengan tema 'Ironmaking Technology and Steel Metallurgy' di Ruang Seminar Program Studi Teknik Pertambangan/Teknik Metalurgi FTTM ITB pada Kamis (24/05/12).

Baja merupakan material yang telah menjadi tulang punggung pembangunan, yang melingkupi seluruh bagian dari keseharian kita. Hampir seluruh benda di sekitar kita mengandung baja, jika tidak seluruhnya. Agar dapat turut serta dalam pembangunan dan pemajuan bangsa, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengenai baja merupakan hal yang sangat perlu dilakukan.

Menyadari pentingnya hal tersebut, ITB dan POSTECH menyepakati MoU dan MoA pada bulan Agustus 2011 untuk melakukan riset bersama mengenai teknologi baja. Riset bersama ini berkaitan dengan produksi logam besi, pembuatan baja, rolling, dan teknologi-teknologi pembuatan baja lainnya yang direncanakan akan digunakan pada pabrik terintegrasi Krakatau-Posco, yang diharapkan dapat menjadi model yang baik mengenai kerja sama akademisi dan kalangan industri. Selain mengadakan riset bersama, dua universitas ini juga sepakat untuk melakukan pertukaran staf riset.

Seminar bersama ini juga  merupakan kelanjutan dari MoU dan MoA tersebut. Empat program studi yaitu Teknik Metalurgi, Teknik Kimia, Teknik Material dan Teknik Lingkungan yang mewakili empat fakultas di ITB (FTTM, FTI, FTMD dan FTSL) terlibat aktif dalam seminar bersama ini. Dalam satu hari seminar yang dipandu oleh Dr. Ir. Eddy Agus Basuki, M.Sc ini diskusi mengalir dengan baik, dengan pertanyaan-pertanyaan yang muncul baik dari mahasiswa maupun dosen. Empat orang pembicara dari POSTECH pun dengan bersemangat memberikan penjelasan mengenai berbagai teknologi pengolahan besi yang efisien dan ramah lingkungan.

GIFT - POSTECH

GIFT - POSTECH merupakan salah satu pusat studi mengenai teknologi besi dan baja di Korea Selatan. Berlokasi di Pohang, GIFT POSTECH terletak sangat dekat dengan Posco (dulunya merupakan akronim dari Pohang Iron and Steel Company), produsen baja terbesar di Korea Selatan yang juga merupakan lima besar produsen baja di dunia. Posco telah memberikan bantuan secara terus-menerus kepada GIFT POSTECH, yang juga terus mendukung Posco dengan hasil-hasil riset yang dibutuhkan. Dengan misinya untuk mengembangkan sumber daya manusia terbaik dalam teknologi baja sebagai 'Steel Academy of Excellence' dan menjadi penjaga riset baja dunia, GIFT POSTECH terus melangkah maju.

Ketika akademisi dan industri mampu bekerja sama dengan baik, predikat 'world-class' untuk keduanya tentunya bukan hal yang sulit untuk dicapai.

Sumber: FTTM ITB, Steelnews.com, GIFT-POSTECH


scan for download