Seminar on Reviewing and Reinventing Defence Acquisition in Indonesia

Oleh

Editor -

Program Magister Studi Pembangunan Alur Kekhususan Studi Pertahanan ITB mengadakan "Seminar on Reviewing and Reinventing Defence Acquisition in Indonesia". Seminar ini diadakan atas kerjasama Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Friedrich Ebert Stiftung (FES), dan British Embassy sebagai wujud peran serta dalam menghadapi tantangan terhadap solusi alternatif pendanaan dan pembiayaan pengadaan alutista. Selama ini anggaran negara untuk kebutuhan ini dirasa terlalu membebani.

Seminar dilaksanakan pada 27-28 November 2006 di Aula Barat ITB. Seminar ini membahas pembiayaan militer dalam konteks globalisasi sektor pertahanan, kebijakan pembiayaan pertahanan Indonesia, paradigma ekonomi dalam sektor pertahanan Indonesia, serta berbagai contoh model pembiayaan di berbagai negara, salah satunya Jerman dan Inggris.

Pembicara dalam seminar ini adalah: Prof. DR. Ronald Matthews dan Prof. DR. Derrick J. Neal dari Cranfield University (Defence Academy of United Kingdom); Sascha Lange dari SWP Jerman; Andi Widjajanto, seorang pengamat militer dari Pacivis UI; Marsma TNI Mukhtar E. Lubis (Dirada Dephan RI); Bapak Abdul Malik (BAPPENAS); DR. Ir. Budi Santoso dari PT. PINDAD Bandung; serta Brigjen TNI (Purn. ) Hanni Mulyodiharjo.

Dalam seminar ini juga berlangsung curah gagasan dari berbagai kalangan yang menghadiri seminar ini, antara lain: Departemen Pertahanan RI, TNI, Akademisi (ITB, Unpad, Unpar, UI, UGM, dll.), Industri (PT. PINDAD, PTDI, PT. PAL, PT. LEN, dll.), maupun kelompok civil society, think-tank (CSIS, Propatria, dll.), NGO (Imparsial, KontraS, INFID, ICW, The Ridep Institute, Res Republika, dll. ).

scan for download