Rutin Setiap 3 Bulan, Donor Darah 4 Labtek Membantu Banyak Jiwa

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Seperti namanya, Donor Darah 4 Labtek, merupakan donor darah yang diprakarsai Himpunan-Himpunan jurusan yang ada pada 4 Labtek (laboratorium teknologi atau gedung-red) kembar di ITB yakni Gedung Benny Subianto,  T.P.Rahmat,  Yusuf Panigoro, dan  Achmad Bakrie (dulu bernama Labtek V, Labtek VI, Labtek VII, dan Labtek VIII-red). Himpunan-Himpunan jurusan yang terlibat adalah HMIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) di Gedung Benny Subianto, HMFT (Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik) di Gedung T.P. Rahmat, KMKL (Keluarga Mahasiswa Teknik Kelautan) di T.P. Rahmat juga, HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi) di Labtek Yusuf Panigoro, dan HME (Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro) di Labtek Achmad Bakrie. 
Acara Donor Darah 4 Labtek merupakan acara yang sudah berlangsung rutin selama 3 bulan dan bertahan lebih dari 3 tahun lamanya. Bertempat di Selasar Labtek V, acara donor darah pada Rabu (13/05/09) dimulai pukul 09.00, dan para mahasiswa mulai berdatangan. Pelaksanaan donor cukup singkat, dimulai dengan calon pendonor mengisi formulir kesehatan, lalu pemeriksaan pendonor, antara lain jenis golongan darahnya, tekanan darah, dan pemeriksaan fisik, hingga proses pengambilan darah, yang akan memakan waktu sekitar 10-15 menit per orangnya. Darah yang dinyatakan aman, hasil dari donor darah ini nanti akan disimpan dengan baik, sehingga pada saat diperlukan tinggal dilakukan uji silang serasi dengan calon penerima (resipien). Pada kesempatan ini, tercatat 130 labu darah didapatkan selama 4 jam. Seusai mendonor, pendonor disuguhi snack dan minuman pengganti energi.

"Dulu kalau dokter membutuhkan darah untuk pasien, biasanya bagi pasien yang mengalami perdarahan banyak, atau persiapan sebelum operasi, diperlukan waktu lama karena terjadi rentang waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan donor darah. Untuk itu, kami menghimbau agar mahasiswa mulai membiasakan menyumbangkan darahnya demi kemanusiaan," ujar salah satu petugas dari PMI Mobile Unit Cabang Bandung yang saat itu sedang menunggu darah terkumpul.

Selain membantu banyak jiwa, donor darah secara rutin juga memiliki banyak keuntungan bagi pendonor, yaitu membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung, mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, mengurangi kekentalan darah yang akan mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, tubuh kita akan memproduksi darah baru yang akan membawa oksigen ke jaringan tubuh, melancarkan sirkulasi darah yang baik akan meningkatkan metabolisme dan merevitalisasi tubuh. Disarankan, seusai mendonorkan darah, pendonor segera minum minuman berenergi atau makan makanan yang bernutrisi agar badan tidak lemas.

"Sebenarnya ingin terus lebih dari 4 jam acaranya, tapi semoga donor ini bisa membantu dan terus dapat dilaksanakan rutin setiap 3 bulan sekali," ujar Sandi Sumadi, mahasiswa Teknik Fisika 2007, ketua pelaksana Donor Darah 4 Labtek, ditanya mengenai kesan melaksanakan acara donor ini.

scan for download