Rektor ITB dan Tim Ikuti Ceremonial Flight Pesawat Komersial Berbahan Bakar SAF

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANTEN, itb.ac.id - Perwakilan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengikuti Ceremonial Flight menggunakan bahan bakar jenis Bioavtur J2.4 yang ramah lingkungan atau Sustainable Aviation Fuels (SAF) pada pesawat komersial, di Terminal 3, Soekarno Hatta International Airport (CGK), Tangerang, Banten, Jumat (27/10/2023).

Bioavtur J2.4 adalah inovasi energi bersih berbasis nabati untuk moda transportasi udara. Produk tersebut dinilai lebih unggul dibandingkan fossil fuel, salah satunya emisi yang dihasilkan lebih rendah.

Sebelum Ceremonial Flight, yang dilakukan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo dan sebaliknya itu, dilakukan berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari produksi J2,4; pengujian mutu produk J2,4 sesuai ASTM D1655; uji statis Engine CFM56-7B; serta ground test dan flight test menggunakan pesawat Garuda Boeing 737-800 NG.

   

ITB mendapatkan undangan secara langsung mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi tersebut. Pihak ITB yang hadir antara lain Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. beserta Direktur Utama PT LAPI ITB, Ketua Tim Peneliti Uji Terbang dari ITB, dan Ketua Tim Peneliti Katalis ITB.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh berbagai perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Negera/Lembaga Pemerintah lainnya, berbagai pimpinan BUMN, serta sejumlah asosiasi dan perusahaan lainnya.

Reporter: M. Naufal Hafizh


scan for download