Rangkaian Perayaan Wisuda April ITB 2023 Hadirkan Seminar Perencanaan Karier

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Wisuda menjadi momen yang didambakan setiap mahasiswa. Menjelang momen yang dinanti-nantikan ini, Perayaan Wisuda April 2023 mengadakan seminar yang berjudul “Career Planning: Step Us as Fresh Graduate”.

Seminar tersebut diisi oleh dua alumni ITB yaitu Choqi Isyraqi yang saat ini bekerja sebagai Life & Career Coach, Talents Mapping Practioner & Productivity Influencer dan juga Hafiz Aziz Ahmad yang saat ini bekerja sebagai Kasubdit Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa. Kedua narasumber membagikan pengalamannya setelah lulus dan membagikan tips yang dapat bermanfaat bagi fresh graduate.

“Naik bus yang salah akan membuat kita kehilangan waktu, tenaga, dan pikiran. Jika tanpa tujuan, kita akan kembali ke default sistem kita yaitu dengan memilih yang paling simple,” ujar Choqi membuka diskusinya saat itu.


Sesi pertama seminar dibuka dengan analogi menaiki bus yang dikategorikan berdasarkan harga dan fasilitas. Menariknya, peserta diajak untuk memilih bus mana yang akan dinaiki dan banyak yang memilih bus yang murah serta bagus. Namun, ternyata jawaban yang tepat adalah menaiki sesuai tujuan. Choqi mengarahkan mahasiswa untuk kembali fokus pada tujuan awal mereka belajar hingga sampai ke ITB ini.

Sesi selanjutnya berisi pertimbangan antara melanjutkan karier atau lanjut studi. Sebagai salah satu pewawancara mahasiswa yang akan melanjutkan S2, Hafiz sering menanyakan mengapa para mahasiswa memilih melanjutkan studi mereka. Dari hasil wawancara dan beberapa pengalaman, Hafiz memaparkan ada beberapa hal yang melatarbelakangi yaitu keinginan untuk memenuhi syarat dan kebutuhan profesi, aktualisasi diri, terdapat kesempatan, dan memfokuskan pada suatu bidang.

“Apapun langkahnya, entah itu kerja dahulu atau langsung melanjutkan S2 silahkan saja. Asalkan harus bertanggung jawab dengan pilihan yang dibuat,” tutup Hafiz pada sesi yang beliau bawakan.

Tidak hanya mendengarkan pemaparan dari kedua narasumber tersebut, peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya langsung. Salah satu peserta bertanya terkait tantangan yang mungkin terjadi ketika baru terjun ke dalam dunia karier. Hal tersebut memberikan jawaban yang mengerucut bahwa tantangan terbesar adalah memilih yang sesuai dengan passion dan selalu siap untuk upgrade kemampuan.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download